Contoh Paragraf Persuasif


Bagaimana contoh paragraf persuasif? Bagi sebagian orang mungkin belum mengenal apa yang dimaksud dengan paragraf persuasif. Namun bagi orang yang berkecimpung dalam tata bahasa Indonesia pastinya mengenal dengan paragraf persuasif.

Paragraf persuasif adalah suatu karangan yang mempunyai sifat membujuk secara halus supaya orang yakin dengan ajakannya. Secara umum paragraf persuasif ini dapat diartikan dengan karangan atau tulisan yang memiliki sifat ajakan. Contoh paragraf persuasif biasanya bercirikan kata ajakan seperti kata ayo, mari, dan sebagainya.

Selain itu, paragraf persuasi mempunyai ciri-ciri yang dapat dikenalinya sebagai paragraf persuasif. Berikut ini adalah ciri-cirinya, di antaranya:

  • Isi karangan menjelaskan dan menarik orang yang membacanya
  • Isi karangan dapat mengubah pandangan dan pemahaman pembaca
  • Isi karangan menghindari konflik agar dapat menarik simpati pembaca
  • Isi karangan menunjukkan fakta-fakta yang dapat menguatkan argumentasi

Bentuk paragraf biasanya berupa pidato, ceramah, iklan, dan sebagainya yang berupa ajakan untuk berubah. Paragraf persuasif ini dapat dibagi-bagi lagi menjadi beberapa jenis, di nataranya adalah:

  • Persuasi pendidikan yang berisi karangan yang mengajak anak sekolah untuk selalu giat belajar dan rajin sekolah.
  • Persuasi iklan atau advertensi biasa berupa isi karangan yang berbetuk iklan tentang barang dan jasa.
  • Persuasi politik biasanya berisi hal-hal yang bersifat politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan ini biasanya menggunakan persuasi ini ketika terjadi sesuatu yang dapat mengancam ketentraman masyarakat.

Kita sebagai bangsa yang beradab dan berbudaya sebaiknya bisa menahan diri dari apa-apa yang dapat memancing kita yang dapat mengakibatkan keamana negara kita menjadi kacau dan tidak terkendali. Sepatutnya kita mengajak masyarakat agar selalu menjaga keamanan negara ini dari apa saja yang mengakibatkan kekacauan. Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan negara kita agar senantiasa aman dan sejahtera demi masa depan anak kita kelak.

Contoh di atas merupakan contoh paragraf persuasif yang dapat kita pahami. Isi dari karangan atau tulisan di atas berupa ajakan kepada masyarakat oleh seorang tokoh atau negarawan.

Selanjutnya : Kondisi-kondisi Tertentu Terkait dengan Puasa
Sebelumnya: Sejarah Singkat Perkembangan Kompor Gas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar