Contoh Pelaksanaan Demokrasi di Sekolah


Seperti apa contoh pelaksanaan demokrasi di sekolah? Demokrasi adalah paham yang secara teori menempatkan paham kebebasan rakyat di posisi paling atas. Namun, di dalam penerapannya, sistem ini tak selalu seindah apa yang digambarkan, banyak sekali terjadi penyelewengan. Hanya ada terdapat beberapa contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah untuk menggambarkan bagaimana konsep demokrasi itu sendiri kepada pelajar yang notabene adalah generasi penerus bangsa.

Demokrasi di Mata Pelajar

Demokrasi yang diharapkan semua kalangan khususnya pelajar adalah bahwa kepentingan rakyat akan menjadi prioritas utama di dalam penentuan segala kebijakan pemerintah. Maka dari itulah, rakyat diikutsertakan di dalam pemilihan siapa saja yang akan menempati posisi di dalam pemerintahan ini. Dengan harapan, bahwa ketika para wakil rakyat yang telah dipilih sendiri oleh rakyat ini duduk di kursi pemerintahan maka yang dilakukan adalah menempatkan rakyat sebagai pihak yang selalu dikedepankan kepentingan dan haknya.

Namun memang tak selamanya cita-cita indah ini tercapai. Lalu, di dunia pelajar, terjadinya sikap yang skeptis akan sistem demokrasi itu sendiri. Mereka menganggap bahwa apa yang diusung oleh pemerintah hanyalah sebuah hal yang bukan untuk rakyat.

Untuk mengatasi rasa tidak percaya kepada sistem demokrasi ini maka dilakukanlah pendekatan ke pihak pelajar. Hal ini dengan mencoba untuk melakukan penerapan demokrasi di lingkungan sekolah. Inilah beberapa bentuk contoh pelaksanaan demokrasi di sekolah.

Pemilihan Ketua Kelas

Di dalam pemilihan ketua kelas, bukanlah guru kelas yang memilih sang ketua. Namun, kewenangan diberikan kepada seluruh penghuni kelas. Semua pelajar akan mengajukan calon ketua yang mereka anggap memiliki kapabilitas akan hal ini.

Kemudian, setelah beberapa nama calon ketua kelas terkumpul akan dilakukan pemungutan suara untuk menentukan suara terbanyak pemilih ketua kelas. Jika ada satu calon yang telah dipilih dengan suara terbanyak maka dialah yang akan menjadi ketua kelas.

Inilah satu penerapan demokrasi yang ada di lingkungan sekolah dan terus diupayakan untuk dilakukan. Hal ini untuk mendekatkan penerapan konsep demokrasi sedekat mungkin ke dalam diri pelajar bangsa.

Besar harapan bahwa dengan adanya berbagai contoh pelaksanaan demokrasi di sekolah maka sistem demokrasi ini akan dicintai oleh generasi penerus bangsa. Namun, bagaimana bisa kalau penerapannya secara nyata di kalangan pemerintah tidaklah seperti apa yang diharapkan oleh kebanyakan rakyat?

Demikianlah ulasan singkatnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kemudahan Pembelian Tiket Pesawat di Kantor Pusat Lion Air
Sebelumnya: Informasi Mengenai Teknik Pesawat Terbang STPI Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar