Contoh Pelanggaran Ham Pasal 27 Ayat 1

Contoh pelanggaran HAM pasal 27 ayat 1 adalah contoh pelangggaran yang berkaitan dengan kedudukan warga negara dalam hukum dan pemerintahan. Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dimiliki seseorang sejak ia berada dalam kandungan. Adapun dasar-dasar HAM yaitu deklarasi universal hak asasi manusia atau Universal Declaration of Human Right dan UUD 1945 pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, pasal 31 ayat 1.

Nah, tulisan singkat ini berkaitan dengan pelanggaran pasal 27 ayat 1 UUD 1945. Bunyi pasal tersebut adalah “Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dn pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Contoh Pelanggaran HAM Pasal 27 ayat 1

1. Peristiwa Tanjung Priok.

Peristiwa yang terjadi pada tahun 1984, bermula ketika warga sekitar Tanjung Priok Jakarta Utara melakukan demontrasi dan berujung kerusuhan yang mengakibatkan bentrokan antara warga dan kepolisian serta anggota TNI. Akibatnya, beberapa warga tewas dan banyak yang terluka. Sejumlah warga yang terlibat dalam kerusuhan ini diadili dengan tuntutan melakukan tindakan subversif.

2. Penculikan Aktivis 1997/1998.

Kasus ini merupakan kasus penculikan dan penghilangan secara paksa sejumlah aktivis pro-demokrasi. Paling tidak, sebanyak 23 orang aktivis pro-demokrasi diculik. Peristiwa ini terjadi menjelang Pemilihan Umum 1997 dan Sidang Umum MPR 1998. Aktivis-aktivis tersebut diculik dan disiksa. Ada 1 orang yang terbunuh, 9 aktivis dilepaskan, dan 13 orang lainnya belum diketahui keberadaannya.

3. Penembakan Mahasiswa Tisakti

Kasus ini merupakan kasus penembakan terhadap mahasiswa Trisakti yang sedang melakukan demonstrasi setelah Indonesia mengalami kisis moneter pada tahun 1997 dan menuntut mundur Presiden Soeharto dari jabatannya. Dikabarkan, puluhan mahasiswa mengalami luka-luka dan bahkan ada yang meninggal dunia. Hal ini disebabkan adaya dugaan penggunaan peluru tajam oleh para anggota polisi dan militer atau TNI.

4. Kasus Udin Wartawan Bernas.

Udin merupakan wartawan harian umum Bernas Yogyakarta yang diduga diculik, dianiaya orang tak dikenal dan ditemukan telah tewas. Kasusnya sampai sekarang belum terselesaikan.

Itulah sebagian kecil dari contoh pelanggaran HAM pasal 27 ayat 1. Nyawa orang seperti nyawa ayam potong saja. Jika kita lebih membuka mata dan telinga kita, sebenarnya masih banyak pelanggaran HAM yang luput dari pemberitaan media sehingga tidak diketahui oleh masyarakat luas. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Apa yang Dimaksud Kalimat Persuasif?
Sebelumnya: Mengenal Bentuk-bentuk Proposal Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...