Contoh Pelanggaran yang Dilakukan Pemerintah


Contoh pelanggaran yang dilakukan pemerintah, salah satunya adalah ketika pemerintah sewenang-wenang kepada rakyat. Misalnya, hanya karena tanah dan air dikuasai oleh pemerintah, lalu dengan seenaknya pemerintah mengambil tanah rakyat tanpa ganti rugi. Selain itu, ketika pemerintah bertangan besi. Misalnya, kasus penembakan dan penculikan aktivitis sebelum era reformasi bergulir, adalah contoh pelanggaran HAM yang sulit terlupakan.

Densus 88

Yang menjadi sorotan kini adalah apa yang dilakukan oleh Densus 88. Banyak yang skeptis bahwa Densus 88 itu hanya mencari “kambing hitam”. Bayangkan, seseorang yang baru diduga teroris saja langsung dibunuh. Penangkapan mereka pun dilakukan dengan tidak mengindahkan peraturan lain. Misalnya, mereka masuk ke masjid tanpa membuka sepatu.

Tersangka teroris itu pun diperlakukan seolah merupakan pembangkang negara. Padahal tersangka korupsi miliaran rupiah itu lebih kejam dari teroris. Berapa orang yang terbunuh dan terluka dalam peristiwa bom. Bandingkan dengan jumlah korban korupsi. Memang tidak bisa melihat jumlah korban dari angka karena setiap jiwa itu harus dihargai.

Tetapi seharusnya pemerintah bersikap adil. Koruptor itu lebih dari tersangka teroris. Mereka semua harus diberantas. Penangkapan koruptor pun seharusnya lebih heboh daripada penangkapan teroris. Mengendus koruptor harus lebih ditingkatkan. Membunuh rakyat yang tidak berdosa itu jauh lebih jahat daripada melepaskan seorang penjahat kelas kakap.

Tidak Memenuhi Hak Rakyat

Kasus KKN yang melihat banyak pejabat negara itu, sebenarnya bisa dikatakan sebagai kasus pengkhianatan terhadap rakyat. Uang hasil dari KKN itu bisa menghasilkan banyak usaha menyelamatkan nyawa-nyawa tak berdaya. Apalagi kalau pemerintah terlihat tidak peduli dengan penderitaan rakyat.

Menjual aset negara kepada pihak asing dan membiarkan pihak asing mengambil kekayaan bangsa ini, pun bisa dikategorikan sebagai pelanggaran hukum. Sayangnya, pihak pemerintah sendiri berdalih bahwa hal itu telah berlangsung lama. Termasuk ketika pemerintah belum memenuhi janji yang telah ditetapkan undang-undang.

Contoh pelanggaran yang dilakukan pemerintah lainnya adalah ketika tidak memenuhi fasilitas untuk rakyat. Apalagi kalau pemerintah daerah membuat peraturan yang memberatkan masyarakat. Misalnya, adanya peraturan untuk membayar pajak yang terasa geli. Contohnya, pajak televisi dan radio. Untungnya pajak seperti ini sudah tidak ada lagi.

Selanjutnya : Pentingnya Peranan Administrasi Perkantoran
Sebelumnya: Apa Saja Kelemahan Daihatsu Sirion Matic?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar