Contoh Pembuatan Daftar Isi Skripsi


Contoh pembuatan daftar isi skripsi ada dalam buku-buku pembuatan skripsi atau di dalam internet. Skripsi merupakan karya ilmiah yang biasanya dibuat sebagai tugas akhir dari perkuliahan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan strata satu. Memasuki semester akhir perkuliahan para mahasiswa akan belajar tentang pembuatan skripsi sampai para mahasiswa ditugaskan untuk membuat satu judul skripsi sebagai tugas akhir dalam perkuliahan ini.

Skripsi

Alangkah baiknya jika judul tersebut dapat digunakan untuk judul skripsi yang sesungguhnya di semester akhir kelak. Apa yang susah dalam pembuatan skripsi? Tentu saja mencari judul yang tepat dan pembahasannya sendiri sehingga masalah-masalah yang ada dalam rumusan masalah dapat dipecahkan.

Setelah skripsi selesai dibuat maka kita akan menjilidnya sehingga menjadi satu ilid utuh. Untuk melihat apa saja isi yang ada di dalam skripsi kita tinggal melihatnya dalam daftar isi skripsi.

Dalam skripsi terdapat tiga bagian, yaitu bagian awal yang berisi tentang halaman judul, lembar pernyataan, lembar pengesahan, abstraksi, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan hal-hal lainnya. Bagian tengah skripsi merupakan pembahasan inti dari skripsi yang terdiri dari pendahuluan, landasan teori sesuai judul, metode penelitian yang digunakan, pembahsan dan data-data yang digunakan serta kesimpulan dan saran. Sedangkan bagian akhir adalah bagian penutupan yang terdiri dari daftar pustaka dan lampiran-lampiran.

Setelah semua pembahasan dalam skripsi telah selesai dibuat maka tiba saatnya kita membuat daftar isi skripsi. Sebagai contoh pembuatan daftar isi skripsi ini bisa dikerjakan secara manual namun kadang tidak rapi dan jika berubah sedikit maka akan memperngaruhi yang lainnya. Saat ini sudah ada cara membuat daftar isi sebagai salah satu fitur tambahan ari microsoft.

Untuk langkah pembuatannya kita bisa membuka dalam microsoft word versi terbaru. Untuk membuat daftar isi tersebut, kita tinggal membuka file skripsi di MS woord 2007 kemudian blok tulisan dalam skripsi yang ingin Anda masukkan dalam daftar isi. Misalnya “Bab II Pembahasan”.

Kata yang telah kita blok kemudian kita klik menu reference dan pilih add text dan pilih level sesuai dengan keinginan atau pilih level 1. Untuk memasukkan sub bab kita juga tinggal membloknya kembali dan memilih level atau pilih level 2. Demikian selanjutnya untuk sub item dan untuk bab-bab lainnya sehingga menjadi daftar isi.

Selanjutnya : Memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Awet
Sebelumnya: Kandungan Enzim pada Makanan Berbahan Dasar Susu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar