Contoh Pembukaan dalam Story Telling


Bagaimanakah contoh pembukaan dalam story telling? Sebelum menjawab pertanyaan yang satu ini ada baiknya mengerti dahulu mengenai story telling. Story telling tidak ada bedanya dengan kegiatan mendongeng dalam bahasa Indonesia.

Story Telling

Story telling biasanya menceritakan mengenai sebuah cerita dengan menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara verbal dan langsung dihadapan orang yang akan mendengarkan cerita tersebut.

Belakangan memang marak sekali story telling demi melancarkan bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa. Namun ternyata tidak semua siswa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sehingga kegiatan ini pun terkendala.

Story telling sendiri bisa menceritakan mengenai apa saja yang hendak kita ceritakan. Kesulitan yang paling sering dihadapi oleh seseorang adalah saat hendak membuka cerita tersebut.

Ada sebuah kebingungan untuk pemilihan kalimat ataupun kata pembukannya.
Sebenarnya permasalahan seperti ini tidaklah begitu sulit. Hal yang menjadikan pembukaan begitu sulit adalah sikap grogi yang dimiliki oleh pembicara itu sendiri. Karena cerita ini bebas maka kalimat pembuka pun bisa bermacam-macam.

Kita bisa menggunakan kata pembuka di zaman dahulu, tentunya dalam bahasa Inggris atau menggunakan kata yang lainnya. Penggunaan keterangan tempat dan waktu adalah hal yang biasanya digunakan sebagai pembuka dari sebuah cerita.

Jika kita ingin menjadi beda dari yang lainnya maka pembuka cerita bisa dimulai dari sebuah keterangan mengenai sebuah kejadian. Misalnya saja “tiba-tiba letupan suara meriam itu terdengar begitu keras hingga teling menjadi sakit dan langit pun bergetar”.

Masih banyak lagi contoh kalimat yang bisa digunakan sebagai pembuka dalam story telling. Selain isi dari cerita yang tidak kalah penting adalah penghayatan dan penjiwaan yang dimiliki oleh pencerita itu sendiri.

Jika penghayatan yang dimiliki oleh pencerita sudah bagus maka akan mampu membawa pendengarnya menuju dunia imajinasi yang sesuai dengan gambaran dalam cerita tersebut. Terkadang hal inilah yang menjadi kelemahan lainnya selain membuat contoh pembukaan dalam story telling. Anda juga bisa sering berlatih melakukannya sebelum memulai mendongeng atau menceritakan kisah cerita kepada pendengar. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan
Sebelumnya: Tips Cara Untuk Mencegah Pencemaran Udara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar