Penjelasan Contoh Pendahuluan pada Proposal Penelitian

Contoh pendahuluan pada proposal penelitian sebenarnya bisa dilihat dari laporan penelitian berupa skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya. Sebab proposal penelitian pada dasarnya merupakan bab I dari karya tulis ilmiah tersebut. Meski demikian, beberapa proposal penelitian kebanyakan hanya memuat beberapa bagian yang ada dalam laporan penelitian. Untuk mengetahui penjelasan dan contoh pendahuluan pada proposal penelitian, berikut adalah penjelasannya.

Latar Belakang Masalah

Loading...

Latar belakang masalah, merupakan bagian awal dari pendahuluan. Bisa disebut juga sebagai pembuka untuk melanjutkan pada bagian-bagian berikutnya. Bagian ini, lebih menekankan pada fenomena dan fakta yang akan diteliti. Penjelasan yang dimaksud pada dasarnya merupakan pernyataan tentang keberadaan dan daya tarik dari fenomena sehingga dianggap penting untuk diteliti.

Penting atau tidaknya fenomena untuk dilakukan penelitian, tentu harus bisa dikaitkan dengan masalah atau dampak yang terjadi akibat keberadaan fenomena tersebut. Masalah yang dikaitkan dengan dampak, tentu takhanya berbicara tentang dampak negatif, tapi juga dampak positif. Dengan demikian, penelitian yang diajukan selalu akan bersifat objektif karena ada keseimbangan atau tidak memihak. Dengan kata lain, dalam latar belakang masalah penulis telah menunjukkan asumsi yang akan diuji kebenarannya dalam penelitian jika proposal yang diajukan diterima.

Rumusan Masalah

Beberapa menuliskan rumusan masalah sebagai identifikasi masalah. Kedua istilah ini pada prinsipnya sama, yaitu mengerucutkan permasalahan yang diajukan dalam latar belakang masalah ke dalam poin poin penting. Poin-poin penting yang dimaksud bisa dituliskan ke dalam beberapa pertanyaan pokok. Pertanyaan pokok inilah yang harus dicari jawabannya melalui kegiatan penelitian. Melalui pertanyaan pokok ini juga penelitian dibatasi agar takterlalu melebar pada bahasan lainnya.

Tujuan Penelitian

Sebuah penelitian tentu saja harus memiliki tujuan. Secara umum tujuan penelitian bisa berupa penggambaran (deskriptif) tentang masalah penelitian dan dampaknya, menguji teori atau konsep keilmuan yang telah ada atau mendapatkan pengetahuan baru.

Metodologi Penelitian

Metode penelitian menggambarkan berbagai cara dan teknik yang akan dilakukan dalam penelitian dan penyusunan laporan. Cara ini berkaitan dengan cara mendapatkan data, serta instrumen yang dipakai untuk memperoleh data. Metode penelitian pun menjelaskan tentang jenis penelitian yang akan dilakukan, apakah itu survey, studi kasus, komparatif dan sebagainya.

Singkatnya, metodologi penelitian dalam proposal penelitian, bertujuan untuk memberitahukan seperti apa kegiatan yang akan dilakukan dalam penelitian. Termasuk di dalamnya waktu (jangka waktu, periode) yang akan dipakai dalam penelitian.

Itulah contoh pendahuluan pada proposal penelitian. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Susunan Kata Pengantar Buat Pidato
Sebelumnya: Contoh Pembukuan dalam Usaha Kecil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar