Sebuah Contoh Pendahuluan Suatu Karya Tulis Ilmiah


Sebuah Contoh Pendahuluan Suatu Karya Tulis Ilmiah

Menulis contoh pendahuluan suatu karya tulis ilmiah sebenarnya bukan hal yang sulit. Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, kita sudah diajarkan untuk membuat makalah. Di dalam makalah terdapat pendahuluan, pasti guru kita sudah pernah menjelaskan tentang isi dari pendahuluan tersebut. Jika lupa, maka kita bisa membuka karya tulis ilmiah milik orang lain.

Banyak juga yang lebih memilih memanfaatkan jaringan internet untuk mencari contoh pendahuluan karya ilmiah tersebut. Karya tulis ilmiah memang perlu sebuah pendahuluan untuk lebih diketahui oleh pembaca maupun penguji karya tersebut. Beberapa hal yang ada dalam pendahuluan, yaitu sebagai berikut.

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan dan Manfaat

Latar belakang berisi tentang uraian mengapa kita melaksanakan penelitian ilmiah tersebut. Landasan atau dasar apa yang membuat kita tergerak untuk melakukan penelitian ilmiah. Misalnya, karya tulis ilmiah tentang penjadwalan pesawat terbang. Latar belakang dari penelitian tersebut dapat berbunyi :

“Pengguna pesawat terbang di Indonesia saat ini semakin banyak. Jumlah pesawat yang ada dan lalu lintas penerbangan harus mengikuti perkembangan jumlah pengguna yang semakin banyak tersebut. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap jadwal penerbangan. Sistem penjadwalan penerbangan selama ini memang….”

Latar belakang tersebut diuraikan sampai beberapa paragraf dengan ujung yang mengarah pada dilakukannya penelitian terhadap suatu masalah. Ada yang menggunakan metode khusus ke umum ada pula yang umum ke khusus. Jadi, ada yang membuat latar belakang dengan menjelaskan masalah umum terlebih dahulu baru ke masalah khusus dan adapula yang sebaliknya.

Selain latar belakang, pendahuluan juga diikuti dengan rumusan masalah serta tujuan dan manfaat. Rumusan masalah berisi pertanyaan yang nantinya berhubungan dengan tujuan karya ilmiah, contohnya :

a.    Bagaimana mendapatkan penjadwalan pesawat terbang yang efektif?
b.    Metode penjadwalan apa saja yang digunakan dalam penerbangan?
c.    …..

Selanjutnya adalah tujuan. Tujuan adalah menjawab pertanyaan rumusah tersebut, sedangkan isi dari manfaat adalah dengan menyebutkan pihak-pihak yang akan mendapatkan manfaat dari penelitian ini. Misalnya, pihak penerbangan akan mendapatkan saran tentang metode penjadwalan untuk penerbangan, dan lain-lain.

Contoh pendahuluan suatu karya tulis ilmiah yang lebih lengkap dapat kita cari dengan membaca sebuah skripsi atau tesis.

Selanjutnya : Contoh Penulisan Sasaran dan Target Karya Ilmiah untuk Mendapatkan Sponsor
Sebelumnya: Contoh Pajak Daerah adalah Berikut Ini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar