Membuat Contoh Pengajuan Proposal Beasiswa


Pendidikan di zaman sekarang ini memang sangatlah penting. Banyaknya perguruan tinggi yang mempunyai jurusan-jurusan yang bagus, membuat para calon mahasiswa tergiur untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi itu. Banyaknya perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa juga membuat para calon mahasiswa yang berprestasi atau mempunyai kendala dalam pembiayaan berlomba-lomba untuk mendapatkan. Sebelum memohonkan sebuah beasiswa dari sebuah perguruan tinggi, hendaknya kita harus bisa membuat contoh pengajuan proposal beasiswa. Pengajuan proposal beasiswa ini dimaksudkan agar si penyelenggara beasiswa tahu identitas kita sebelum memberikan beasiswa tersebut.

Pengajuan Proposal Beasiswa

Dalam sebuah pengajuan proposal beasiswa, kita sebagai pelamar haruslah memberikan identitas diri seperti curriculum vitae di dalamnya. Selain identitas diri, biasanya dalam pengajuan proposal beasiswa ini, identitas orang tua juga dilampirkan untuk mengetahui riwayat pekerjaan calon pelamar beasiswa. Walaupun banyak yang mengira beasiswa identik dengan prestasi atau orang yang kekurangan biaya, ternyata beasiswa mempunyai banyak macamnya. Beberapa macam beasiswa ini diantaranya adalah:

  1. Beasiswa penghargaan. Diberikan untuk siswa/mahasiswa yang mempunyai keunggulan akademik.
  2. Beasiswa bantuan. Diberikan kepada mahasiswa/siswa yang kurang mampu dalam pembiayaan sekolah atau kuliah.
  3. Beasiswa atletik. Diberikan kepada para atlet yang berprestasi untuk meneruskan sekolah.kuliah untuk dijadikan tim atletik.
  4. Beasiswa penuh. Beasiswa yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan akademik secara keseluruhan.

Untuk semua kategori beasiswa di atas, pengajuan proposalnya akan sama saja hanya tujuan beasiswa dan syarat pengajuan proposalnya yang akan berbeda untuk setiap macam beasiswanya. Mendapatkan beasiswa tidaklah harus selalu orang pintar atau orang yang berprestasi, tetapi untuk orang yang berkemauan keras untuk mencapai sebuah beasiswa itu sendiri, pasti mereka akan bisa mencapainya. Pengajuan beasiswa dalam negeri akan lebih mudah dibandingkan dengan pengajuan proposal untuk beasiswa ke luar negeri.  Biasanya, pengajuan proposal beasiswa untuk kuliah ke luar negeri harus menyertakan sebuah kelebihan diri yang bisa dibanggakan ketika berada di negara lain dan sebuah pengembangan yang dilakukan untuk negara asal.

Jadi, membuat contoh pengajuan proposal beasiswa itu baik di dalam negeri atau di luar negeri haruslah dipikirkan matang-matang dengan konsep berpikir kritis yang kita punya. Karena, tidak setiap proposla beasiswa akan sekaligus diterima. Berjuanglah.

Selanjutnya : Kisah Umrah Penggugah Hati
Sebelumnya: Keuntungan Usaha Kebun Sawit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar