Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Internet


Saat kita menyusun makalah, karya tulis ilmiah, artikel ilmiah, tesis atau skripsi tentu wajib mencantumkan referensi yang diambil untuk penyusunan di daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka ini memang memiliki aturan tertentu sesuai dengan ketentuan format bahasa Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan membahas contoh penulisan daftar pustaka dari sumber internet.

Format penulisan daftar pustaka yang berasal dari situs internet atau sumber internet ini secara umum sama dengan penulisan daftar pustaka yang berasal dari buku. Namun, ada beberapa perbedaan, poin perbedaan antara penulisan daftar pustaka dari sumber internet dan dari sumber buku.

Era internet seperti sekarang ini banyak mahasiswa atau pelajar yang lebih suka mengambil sumber referensi dari situs internet daripada mengambil dari buku. Hal ini membuat terciptanya format baku dalam penulisan daftar pustaka yang berasal dari sumber situs internet atau blog di internet. Berikut ini adalah contoh penulisan daftar pustaka dari internet.

Partijem, Lukijo. 2012. Langkah-langkah Hacking untukPemula. Catatan Harian Hacker. <http//www.hackerindonesia.org/tutorial/pemula/langkah-langkah-hacking-untuk-pemula.html>
Contoh penulisan daftar pustaka dari internet di atas telah cukup mudah dimengerti. Secara umum memang tak berbeda jauh dengan menulis daftar pustaka yang berasal dari buku yang ada di perpustakaan.

Di era yang serba internet ini memang membuat banyak mahasiswa atau pelajar yang enggan menyambangi perpustakaan untuk mencari referensi untuk menyelesaikan tugas mereka. Sebagian besar dari mahasiswa dan pelajar era sekarang lebih suka mengambil referensi dari internet.

Meski demikian, pengambilan referensi dari internet ini juga harus mempertimbangkan situs yang dipakai sebagai sumber atau referensi karena tak semua situs internet menyediakan informasi yang akurat dan valid.

Pada contoh penulisan daftar pustaka dari sumber internet di paragraf di atas telah menampilkan informasi yang cukup lengkap terkait nama pengarang, judul artikel, dan tentu saja alamat situs tempat artikel tersebut berada. Penggunaan sumber dari internet ini semakin populer sejak banyak lembaga pendidikan dan universitas yang mengunggah pelbagai karya tulis ilmiah, skripsi, jurnal, atau laporan penelitian di situs mereka, sehingga dapat digunakan sebagai rujukan atau referensi yang terjamin kebenaran dan validitasnya.

Selanjutnya : Berita Aktual Sindo Koran Hari Ini
Sebelumnya: Shalat Dhuha dan Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar