Contoh Penulisan Karya Ilmiah yang Benar


Karya ilmiah juga bisa disebut dengan tulisan ilmiah. Kata “ilmiah” pada “tulisan ilmiah” tersebut sudah bisa diketahui bahwa tulisan tersebut bersifat ilmiah. Barangkali yang sudah diketahui bersama, tulisan ilmiah adalah tulisan yang harus bisa dipertanggungjawabkan karena sifat keilmiahannya tersebut. Seseorang yang akan menulis karya ilmiah, terlebih dahulu harus sudah mengetahui contoh penulisan karya ilmiah yang benar. Dari contoh penulisan karya ilmiah yang benar tersebut, akan mempermudah di dalam pengerjaan karya ilmiah.

Sebelum membahas bagaimana cara untuk membuat karya ilmiah yang benar dari segi tata tulis dan dari segi struktur tulisan, terlebih dahulu akan dijabarkan mengenai pengertian dari karya ilmiah itu sendiri.

Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah tulisan yang berdasar dari suatu penelitian. Penelitian tersebut didapat dari hasil studi kepustkaan, pengalaman yang kemudian diteliti secara ilmiah ataupun penelitian yang bersumber dari penelitian orang lain. Tulisan yang berbentuk penelitian ilmiah adalah tulisan yang harus ditulis dengan tulisan yang baku dan sesuai ejaan yang benar.

Karya ilmiah sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis tulisan saja, namun terdiri dari banyak tulisan. Jenis tulisan ilmiah tersebut adalah skripsi, tesis juga disertasi. Contoh lain dari tulisan yang harus ditulis dengan ilmiah populer ataupun tidak adalah laporan dari penelitian dan esai yang nantinya akan dimuat dalam majalah atau jurnal ilmiah.

Seseorang memerlukan contoh penulisan karya ilmiah yang benar untuk bisa mengetahui langkah-langkah menulisan karya ilmiah. Langkah-langkah untuk menulis karya ilmiah yang pertama adalah dengan melakukan observasi. Observasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya dan untuk menetapkan masalah dan tujuan dari karya ilmiah tersebut. Langkah yang nomer dua adalah dengan menyusun hipotesis dan juga rencara penelitian. Hipotesis dan rencara penelitian tersebut digunakan sebagai pijakan dalam melakukan penelitian. Setelah mendapakan hipotesis yang diinginkan, cara selanjutnya adalah pengumpulan data sesuai dengan data yang diperlukan.

Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Hal yang tidak pernah terpikirkan bagi para siswa adalah bahwa penulisan karya tulis ilmiah secara tidak langsung akan membuat siswa untuk membaca dan belajar berbagai hal. Karya tulis ilmiah haruslah ditulis dengan tata cara penulisan yang benar. Bagi yang belum mengetahi bagaimana cara penulisan yang benar, maka bisa mencari contoh penulisan karya ilmiah yang benar. Di dalam karya ilmiah tersebut akan terdapat kata atau kalimat yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Selanjutnya : Mengupas Contoh Perhitungan Pajak Pasal 21
Sebelumnya: Contoh Penulisan Judul Skripsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar