Contoh Penulisan Referensi Keterangan Pernah Bekerja dalam Curriculum Vitae


Membuat curriculum vitae sebelum melamar pekerjaan adalah sebuah hal penting. Pembuatan curriculum vitae ini bertujuan untuk membuat si perusahaan lebih mengenal calon pelamar melalui identitas diri yang dicantumkan.

Untuk pelamar yang belum pernah bekerja alias baru lulus kuliah, mereka pastilah hanya mencantumkan identitas diri, asal pendidikan sebelumnya, dan kelebihan yang dimiliki. Tetapi, untuk pelamar yang sudah berpengalaman bekerja dan ingin melamar ke perusahaan baru, mereka harus menyertakan contoh penulisan referensi keterangan pernah bekerja dalam curriculum vitae.

Referensi keterangan pernah bekerja biasanya bisa diminta kepada perusahaan atau yayasan tempat bekerja sebelumnya jika kita akan memutuskan untuk pindah pekerjaan. Jika tidak sempat meminta surat keterangan pernah bekerja, kita bisa mencantumkan sendiri di kolom pengalaman pekerjaan dalam curriculum vitae. Penulisan pengalaman bekerja biasanya harus dimulai pada perusahaan atau yayasan yang ditetapkan dari awal sampai perusahaan atau yayasan terakhir bekerja.

Sebaiknya, setiap sudah habis masa kontrak kerja atau mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja kita meminta referensi keterangan pernah bekerja. Karena pada dasarnya, kadang ada juga perusahaan yang tidak terlalu percaya dengan pengalaman pekerjaan yang ada di curriculum vitae yang kita buat dibandingkan adanya referensi pernah bekerja dari perusahaan yang bersangkutan. Surat referensi pernah bekerja bisa dijadikan sebuah rujukan asli bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Selain contoh penulisan referensi keterangan pernah bekerja yang diperlihatkan kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, masalah asal pendidikan juga bisa dijadikan pertimbangan seseorang bisa diterima di sebuah perusahaan atau tidak.

Biasanya, ada beberapa perusahaan yang melihat curriculum vitae si pelamar kerja dari asal pendidikannya. Jika berasal dari universitas ternama, mereka para pencari karyawan akan mempertimbangkan pelamar kerja untuk bergabung dalam perusahaannya.

Walaupun begitu, masalah kecerdasan dalam IPK yang diperoleh pelamar pekerjaan biasanya tidak terlalu dipusingkan atau dipertimbangkan sebagai bahan calon pegawai sebuah perusahaan. Karena, IPK besar belum tentu akan berdampak seseorang itu mahir dalam bidang yang diinginkan dalam perusahaan tersebut.

Yang dibutuhkan oleh pencari karyawan dalam perusahaan adalah bagaimana si pegawai baru bisa beradaptasi dengan lingkungan pekerjaannya itu dengan cepat. Jadi, lengkapilah curriculum vitae sejelas mungkin untuk menarik para pencari karyawan di perusahaan.

Itulah pemaparan singkat mengenai contoh penulisan referensi keterangan pernah bekerja.

Selanjutnya : Jalan Mencapai Puncak Karier
Sebelumnya: Fungsi Sepatu Bola Pol 6
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar