Contoh Penulisan Sasaran dan Target Karya Ilmiah untuk Mendapatkan Sponsor


Contoh Penulisan Sasaran dan Target Karya Ilmiah untuk Mendapatkan Sponsor

Karya ilmiah yang baik adalah yang memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Bagaimana menentukan sasaran dan target dari sebuah karya ilmiah bergantung pada apa yang akan diteliti. Untuk mendapatkan sponsor, sasaran penulisan karya ilmiah itu harus ditentukan dengan saksama. Bila salah sasaran, maka sponsor tidak akan mendukung kegiatan penelitian tersebut. Berikut ini contoh penulisan sasaran dan target karya ilmiah.

Biasanya penulisan sasaran dan target dari sebuah karya ilmiah itu ditempatkan pada bagian awal atau bagian pendahuluan. Apalagi kalau masih dalam bentuk proposal. Maka, sasaran target penulisan harus dituliskan dengan jelas. Hal ini juga akan berdampak pada lolos tidaknya bantuan yang akan dikucurkan oleh pihak pemberi dana.

Jika sasarannya tidak terlalu banyak, maka biasanya dana yang akan dikeluarkan pun tidak banyak. Berbeda kalau karya ilmiah itu akan memberikan dampak yang luas di tengah masyarakat. Dana yang dikucurkan pun biasanya akan banyak. Misalnya, “Hasil penelitian ini akan memberikan dampak yang luas pada pemahaman tentang membuang sampah pada tempatnya kepada warga RT 008 RW 09 Kelurahan Tungkal, Muara Enim, Sumatera Selatan.”

Pemberi sponsor tentu akan berpikir berapa jumlah sasaran penelitian dari karya ilmiah itu. Jika mereka berasal dari pihak swasta yang mempunyai kepentingan dengan pemahaman membuang sampah yang baik, maka mereka akan mendukung pembuatan karya ilmiah itu. Bentuk dukungan yang total akan memudahkan penyelesaian karya ilmiah.

Contoh Lain

“Sasaran penelitian ini adalah para generasi muda dalam rentang usia 15-19 tahun yang ada di 15 Sekolah Menengah Atas di kota Palembang.” Sponsor tentu akan melihat nama-nama sekolah dan perkiraan latar belakang para siswa dari ke-15 sekolah yang ada di kota Palembang tersebut.

Mau tidak mau bahwa faktor mencari keuntungan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Jika perusahaan tidak mendapatkan untung, bagaimana mereka bisa menjadi sponsor satu kegiatan. Satu hal yang sangat penting dipikirkan bahwa harus ada hubungan yang saling menguntungkan antara peneliti dengan pihak yang memberikan dana.

Untuk itulah, memahami contoh penulisan sasaran dan target karya ilmiah sebelum melakukannya, perlu dilakukan. Jangan bosan dan malas mencari data yang lebih akurat dalam menentukan sasaran dari penulisan karya ilmiah.

Selanjutnya : Contoh Pidato Ir. Soekarno
Sebelumnya: Sebuah Contoh Pendahuluan Suatu Karya Tulis Ilmiah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar