Contoh Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar


Menuliskan tanggal dalam Bahasa Inggris memang berbeda dengan penulisan tanggal dalam Bahasa Indonesia. Jika misalnya menulis tanggal pada bahasa Indonesia seperti ini: 2 April 2013, maka contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang baik dan benar adalah April 2nd 2013. Perbedaan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris adalah pada posisi tanggalnya.

Pada penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia, tanggal ditulis terlebih dahulu sebelum bulan sedangkan pada penulisan tanggal dalam bahasa Inggris bulan dituliskan terlebih dahulu sebelum tanggal. Penulisan tanggal pada bahasa Inggris juga berbentuk angka ordinal. Angka ordinal dalam bahasa Indonesia itu disebut juga dengan peringkat angka seperti 1st artinya kesatu, 2nd artinya kedua, dan seterusnya.

Penulisan angka ordinal biasanya selain terdapat pada tanggal, biasanya terdapat juga pada peringkat. Peringkat di sini bisa peringkat juara atau peringkat ranking. Angka ordinal biasanya dimulai dengan 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th dan seterusnya.

Pada angka 1, 2 dan 3, penulisan ordinal selalu berbeda: 1st dibaca first artinya pertama; 2nd dibaca second artinya kedua; 3rd dibaca third yang artinya ketiga, 4th dibaca seperti angka biasa tetapi ditambahkan th di belakangnya fourth; sama seperti 5th, 6th, 7th dan seterusnya.

Untuk angka puluhan yang diikuti dengan angka 1, 2, dan 3 semua angkanya diucapkan dengan tambahan bacaan first, second, dan third. Contohnya April 23rd 2013 akan dibaca April twenty third two thousand and thirteen. Angka ordinal dalam tanggal seperti 21st, 22nd, 23rd dan 31st akan dibacakan twenty first, twenty second, twenty third, dan thirty first.

Contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris ini memang harus bisa menyebutkan angka ordinal dengan benar. Biasanya, penyebutan angka ordinal ini akan dibingungkan dengan angka belasan seperti 11, 12, dan 13 yang akan bisa jadi disamakan dengan penyebutan angka 21, 22, dan 23. Padahal, untuk penyebutan angka belasan 11, 12, dan 13 hanya diikuti dengan th tidak st, nd atau rd. Jadi, jika ingin menuliskan tanggal dalam bahasa Inggris penyebutan angka ordinal harus selalu diperhatikan.

Selanjutnya : Nyeri Sendi dan Timbul Bintik Merah pada Penyakit Chikungunya
Sebelumnya: Atlet Renang Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar