Contoh-contoh Permainan Kelompok Seru untuk Anak-anak


Permainan merupakan kegiatan yang sangat disukai anak-anak, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman sebayanya. Oleh karena itu, orangtua dan pendidik atau guru harus mampu membuat contoh permainan kelompok seru yang sifatnya lebih mendidik untuk mereka.

Beberapa Contoh Permainan Seru

Mengajak anak mengadakan permainan mencari tutup botol maupun benda lain yang ukuranya tidak terlalu besar tentu sangat seru. Selain murah dan tidak membutuhkan biaya tinggi, permainan ini secara tidak langsung dapat dijadikan media untuk mengajak mereka dalam bergotong royong karena bisa dilakukan secara berkelompok.

Adapun caranya, beberapa tutup botol atau benda lainnya disembunyikan di suatu tempat seperti timbunan pasir, di sela-sela tanaman, dan sebagainya. Anggota kelompok pertama harus ditutup matanya lebih dulu dengan kain atau sapu tangan.

Kelompok kedua adalah tim yang bertugas menyembunyikan benda-benda tersebut. Proses penyembunyian ini harus dibatasi waktunya, misalnya dalam menit. Namun agar semakin meriah sebaiknya hitungan waktu tersebut didasarkan atas sebuah lagu yang dinyanyikan secara bersama-sama.

Jika lagu tersebut selesai dinyanyikan tapi masih ada anggota tim yang belum menyembunyikan benda yang dipegangnya, harus diletakkan di tempat semula dan secara langsung nilainya jatuh ke tangan kelompok lawan.

Setelah semua benda disembunyikan dan tutup mata dibuka, maka kelompok yang mendapatkan tugas mencari benda tersebut bisa secepatnya menjalankan tugas mereka. Seperti yang dilakukan oleh tim pertama, pencarian benda-benda tersebut juga harus dibatasi waktunya dengan metode yang sama.

Permainan ini harus dilakukan beberapa kali atau periode secara bergantian. Dari sini kemudian bisa ditentukan kelompok mana yang menjadi pemenangnya. Penilaiannya berdasarkan jumlah benda yang berhasil ditemukan oleh masing-masing kelompok.

Contoh Lainnya

Permainan lain yang tidak kalah seru dan menarik adalah mengisi ember dengan air hanya menggunakan sendok atau alat lain yang bentuknya cekung tapi agak melebar dan datar. Jenis permainan ini juga bisa dilakukan secara berkelompok, yaitu masing-masing tim harus mengisi ember dengan air sebanyak mungkin.

Kegiatan ini sangat cocok dilakukan di sebuah pinggiran sungai atau pantai serta sumber mata air yang lain. Meski demikian, dapat pula dilakukan di halaman sekolah dan rumah sendiri memakai wadah yang ukurannya lebih besar.

Caranya, ember yang harus dimasuki air diletakkan pada jarak tertentu misalnya sepuluh hingga lima belas meter dari sumber air yang akan diambil. Dengan batasan waktu tertentu, tiap anggota tim harus mengambil air dari sumbernya menggunakan sendok kemudian dibawa menuju ember tersebut.

Suasana seru dalam aktivitas ini dapat muncul dari perilaku anggota masing-masing kelompok. Karena jika dia melakukan tugasnya sambil berjalan cepat atau berlari, kemungkinan besar air di sendok akan tumpah. Namun apabila berjalan perlahan-lahan, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama.

Akan menjadi lebih meriah lagi jika semua peserta harus menyanyikan suatu lagu sambil berlari atau berjalan. Jika tidak mengikuti aturan tersebut, dianggap gugur. Bisa pula menggunakan teknik aturan lain, misalnnya saat membawa sendok dengan tangan kanan, maka tangan kiri harus selalu diacungkan ke atas.

Penentuan pemenangnya didasarkan atas volume air yang berhasil dimasukkan dalam ember oleh masing-masing kelompok. Untuk memunculkan suasana yang lebih meriah, tentu saja kelompok pemenang akan mendapatkan hadiah.

Sebaliknya, tim yang kalah harus mau menerima hukuman. Namun hukuman ini sebaiknya yang ringan-ringan saja, tetapi membutuhkan keterampilan atau keahlian khusus. Misalnya menyebutkan nama-nama pahlawan dari daerah tertentu atau hukuman lainnya yang terkait dengan pelajaran sekolah. Dua contoh permainan kelompok seru ini dapat dikembangkan lagi dengan cara lain.

Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Artikel Budaya Lokal di Indonesia
Sebelumnya: Mengetahui Contoh Laporan Kegiatan Seminar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar