Contoh Persengketaan Internasional


Banyak sekali contoh persengketaan internasional yang terjadi di dunia. Biasanya persengkataan tersebut berkaitan dengan tapal batas yang dimiliki oleh negara. Masalah lainnya adalah masuknya angkatan bersenjata negara lain ke dalam wilayah negara lain.

Contoh Konflik

Indonesia adalah salah satu contoh terdekat untuk bisa melihat terjadinya sengkata yang sering dilanggar oleh negara tetangga. Kita bisa dikatakan cukup murah senym dan murah hati menanggapi berbagai sengketa yang pernah terjadi tersebut.

Dewan yang sering duduk di meja yang empuk sering kali mengingatkan pada semua masyarakat bahwa kita harus menghadapi setiap masalah dengan kepala dingin. Maksudnya adalah selalu mengedepankan akal pikiran dan tidak terbawa emosi ketika menghadapi sebuah permasalahan.

Salah satu contoh persengketaan internasional yang pernah dihadapi Indonesia adalah masalah Pulau Sipidan dan Ligitan. Kedua pulau ini berhasil diserahkan kepada negara tetangga berdasarkan hasil kesepakan di mahkamah internasional. Indonesia kalah dalam mempertahankan pulau yang dianggap miliknya dan dimenangkan oleh negara tetangga. Ini adalah salah satu bentuk damai dalam mempertahankan kepulauan yang dimiliki oleh Indonesia.

Hendaknya kekalahan ini menjadi sebuah pelajaran yang cukup menampar bagi wajah Indonesia dimana jika dilihat dari letak geografis maka kedua pulau tersebut lebih dekat ke Indonesia. Namun putusan dari ke 16 hakim internasional dari 17 hakim lebih berat ke tetangga sebelah.

Putusan yang mereka berikan pun bukanlah tanpa dasar sama sekali. Para hakim tersebut tidak hanya melihat dari letak geografis saja tetapi juga melihat berbagai faktor yang lainnya yakni pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah tersebut.

Negara tetangga, Malaysia, lebih banyak melakukan pembangunan infrastruktur di pulau tersebut jika dibandingkan dengan Indonesia. Malaysia lebih memperhatikan nasib masyarakat pulau tersebut dibandingkan dengan Indonesia. Hal inilah yang memberatkan putusan hakim internasional.

Masalah Serius

Kita beruntung sengketa yang pernah terjadi masih bisa diatasi dengan cara damai. Jika tidak maka jalan terburuk adalah terjadinya perang antar dua negara yang saling mengklaim wilayah yang diakui oleh kedua negara tersebut. Yang lebih parah lagi adakah factor keamanan masyarakat yang tinggal di daerah perbatasa. Merekalah yang merasakan secara langsung dampak sengketa dua negara karena persoalan perbatasan.

Jika sudah terjadi perang maka akan menimbulkan kerugian di kedua belah pihak. Oleh karena itu, permasalahan sengketa internasional haruslah dihadapi dengan serius seperti contoh persengketaan internasional yang terjadi di negeri ini yang berhasil diatasi dengan damai.

Selanjutnya : Cara Bikin Web Gratis di Google yang Praktis dan Gratis
Sebelumnya: Pemilihan Warna pada Bilik Anak Perempuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar