Contoh Persuasi – Karangan Persuasi tentang Narkoba


Yang dimaksud dengan persuasi yaitu suatu karangan yang dibuat dengan tujuan untuk mengajak pembacanya agar mau berbuat sesuatu dengan memberi alasan serta latar belakang permasalahan yang muncul. Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat satu contoh persuasi yang berhubungan erat dengan masalah sosial yang sering dihadapi oleh masyarakat yaitu penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba.

Tulisan Persuasi tentang Narkoba

Narkoba merupakan jenis obat-obatan terlarang yang dikonsumsi dengan cara diminum maupun ditelan melalui mulut, dihirup atau dihisap dengan hidung serta disuntikan pada salah satu bagian tubuh. Penggunaan narkoba memang bisa membuat perasaan menjadi tenang dan senang. Namun pada sisi yang lain, obat tersebut bisa membuat pemakainya jadi tergantung dan merusak organ tubuh.

Sebenarnya obat jenis psikotropika ini di dunia kesehatan lebih sering digunakan untuk membius seseorang yang akan menjalani operasi kesehatan di rumah sakit. Tapi oleh beberapa pihak obat ini disalahgunakan penggunaannya. Padahal jika digunakan secara terus menerus pengguna bisa ketagihan atau kecanduan dan hal ini menimbulkan beberapa efek yang merugikan.

Selain membuat beberapa organ tubuh menjadi rusak terutama sekali pada sistem kerja syaraf, jika tingkat kecanduannya sudah tinggi maka orang tersebut bisa berbuat apa saja demi mendapat obat terlarang atau narkoba tersebut. Misalnya saja mencuri uang untuk membeli atau perbuatan kriminal lainnya.

Dan yang lebih membahayakan lagi, bagi yang sudah kecanduan keinginan untuk mengkonsumsi narkoba ini akan mengalami peningkatan hingga over dosis. Akibatnya yaitu bukan cuma organ tubuh dan syaraf saja yang terganggu, namun yang lebih fatal lagi adalah kehilangan nyawa atau meninggal dunia gara-gara kandungan kimia yang masuk ke dalam tubuh terlalu tinggi.

Oleh karena ini peredaran narkoba yang pada umumnya lebih sering terjadi di kalangan remaja dan pelajar harus dapat dihindari sedini mungkin agar tidak merusak masa depan mereka. Tugas ini bukan merupakan tanggung jawab orang tua dan guru di sekolah saja, namun semua anggota masyarakat harus ikut berperan.

Perlu diketahui, hingga saat ini belum ada sistem yang benar-benar efektif  bisa menjadi andalan untuk menyembuhkan ketergantungan pada narkoba terutama bagi yang sudah kecanduan. Oleh karena itu sebelum terlanjur sebaiknya jangan sekalipun mencoba untuk mengkonsumsinya.

Demikianlah salah satu contoh persuasi pada suatu karangan atau narasi yang isinya berupa saran untuk menjauhi narkoba.

Selanjutnya : Model Baju Apa yang Cocok Buat Anak Remaja Datang ke Acara Seminar?
Sebelumnya: Manfaat Implementasi Rekayasa Genetika dalam Bidang Lingkungan dengan Menggunakan Bioteknologi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar