Contoh Pertanyaan Wawancara untuk Penelitian


Etnolinguistik adalah sebuah bidang linguistik yang mengkaji tentang budaya dengan bahasa. Dalam aspek etnolinguistik, setiap budaya dikaitkan dengan bahasa yang ada di lingkungan sekitar.

Berbagai penelitian etnolinguistik banyak dikembangkan oleh para ahli linguistik di berbagai daerah di Indonesia ataupun di berbagai belahan dunia. Penelitian etnolinguistik kebanyakan terdiri atas penelitian lapangan. Pada setiap penelitian lapangan, contoh pertanyaan wawancara untuk penelitian harus disiapkan sebelum terjun ke lapangan.

Penelitian etnolinguistik ini selain harus menyiapkan wawancara yang akan dibahas seputar kebudayaan dan bahasanya, harus juga mempersiapkan informan (orang ahli) di sekitar daerah yang akan diteliti untuk dijadikan sumber informasi.

Jika misalnya, kita sebagai linguis akan meneliti tentang kajian bahasa dalam budaya yang ada pada sebuah kerajinan di suatu daerah, beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan contoh untuk wawancara adalah sebagai berikut.

1.    Apa bahan dasar kerajinan di daerah ini?
2.    Bagaimana cara pembuatan kerajinan ini?
3.    Apakah ada ritual khusus dalam pembuatan kerajinan ini?

Beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penelitian etnolinguistik ini akan menghasilkan sebuah bahasa tersendiri dalam budaya membuat sebuah kerajinan. Karena pada dasarnya, yang dicari dalam penelitian etnolinguistik ini akhirnya akan bisa menemukan sebuat kosakata budaya.

Selain kajian tentang budaya membuat kerajinan, penelitian etnolinguistik juga bisa mengkaji tentang ucapan yang dilontarkan seorang ibu di suatu daerah untuk menimang anaknya, ucapan suatu daerah terhadap bahasa dalam saweran pernikahan, bahasa komunikasi yang dipakai dosen untuk mahasiswa kedokteran, dan lain-lain. Semua kajian di atas bila diteliti akan menghasilkan sebuah kosakata budaya pada etnolinguistik tadi.

Dalam mewawancarai seorang informan, kita sebagai peneliti haruslah memperhatikan etika yang ada pada suatu daerah. Jika semisalnya kita melakukan penelitian lapangan ke sebuah daerah pedalaman, kita harus tanyakan terlebih dahulu kepada informan sebelum menuju lokasi, apakah ada hal yang harus dilakukan atau tidak.

Hal-hal yang berbau budaya pada dasarnya akan mempunyai prinsip yang berbeda pada setiap daerahnya. Jika mereka masih menganut sistem kepercayaan lain-lain dan kita tidak mematuhinya ketika melakukan penelitian, bisa saja akan terjadi apa-apa dalam melaksanakan penelitian lapangan. Jadi, berhati-hatilah dalam bertindak saat melakukan wawancara di suatu daerah untuk melakukan penelitian lapangan.

Selanjutnya : Cara Buat Tumblr
Sebelumnya: Cara Daftar Camfrog
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar