Contoh Perusahaan Industri


Banyak contoh perusahaan industri yang bisa ditemui di era industri saat ini. Perusahaan-perusahaan industri tersebut merupakan mesin yang menggerakkan roda perekonomian Negara, membuka lapangan pekerjaan, dan menyediakan berbagai produk industri yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Perusahaan adalah sebuah tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan produksi. Selanjutnya, perusahaan industri adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Atau dengan kata lain, perusahaan industri adalah perusahaan yang bertugas menaikkan nilai guna dan nilai jual produk. Contohnya limbah sebelum diolah tidak memiliki nilai guna, apalagi nilai jual. Namun, setelah diolah oleh industri pengolahan limbah menjadi pupuk organik dan gas organik, hasil olahan limbah tersebut menjadi lebih bernilai guna dan bernilai jual.

Banyak contoh perusahaan-perusahaan industri yang bisa kita temukan di lapangan. Perusahaan industri juga banyak jenisnya. Berdasarkan jenis produk akhir yang dihasilkan, perusahaan industri dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

•  Perusahaan industri tekstil, yaitu perusahaan industri yang bergerak di bidang industri tekstil. Misalnya, industri penghasil kain dan turunannya.

•  Perusahaan industri makanan, yaitu perusahaan industri yang bergerak di bidang usaha pengolahan makanan. Contohnya industri roti, industri makanan ringan, industri es krim, dan sebagainya. Industri makanan banyak dikembangkan oleh masyarakat, baik dalam skala kecil maupun besar, mengingat peluang pasar dari industri makanan selalu terbuka lebar di mana pun dan kapan pun.

•  Perusahaan industri otomotif, yaitu industri yang bergerak di bidang usaha pembuatan mesin dan kendaraan. Misalnya industri mobil, industri motor, dan sejenisnya.

•  Perusahaan industri kerajinan, yaitu industri yang bergerak di bidang usaha kerajinan. Misalnya: kerajinan pengolahan barang bekas, kerajinan rotan, kerajinan pandan, kerajinan songket, dan lain-lain.

•  Perusahaan industri pengolahan limbah, yaitu perusahaan industri yang bergerak di bidang usaha pengolahan limbah. Seperti industri pembuatan kompos, biogas, dan lain-lain.

Demikian beberapa contoh perusahaan industri yang bisa disampaikan. Ternyata, cukup beragam perusahaan industri di Indonesia. Semoga dengan banyaknya perusahaan industri yang berkembang bisa menarik banyak tenaga kerja.

Selanjutnya : Perkembangan Si Legendaris Kawasaki Ninja di Dunia
Sebelumnya: Hasil Pembelahan Meiosis 2 pada Pembelahan Gametogenesis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar