Mengenal Contoh Perusahaan Industri di Indonesia

Contoh perusahaan industri yang berkembang dan ternama di Indonesia adalah perusahaan industri baja Krakatau Steel. Ini merupakan salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia yang bergerak di bidang industri baja. Hasil produksi baja yang dihasilkan oleh perusahaan ini banyak digunakan di dalam negeri sebagai bahan baku berbagai macam jenis bangunan dan diekspor juga ke luar negeri sebagai salah satu komuditi ekspor negara Indonesia.

Freeport Perusahaan Industri Asing yang Mendominasi Indonesia

Keberadaan perusahaan asing memang ada dampak positif dan negatifnya bagi bangsa Indonesia, sebagai dampak positif kita dapat mengambil pelajaran bagaimana tata cara perusahaan asing mengembangkan usahanya tetapi justru dampak negatif yang banyak dirasakan oleh bangsa Indonesia. Freeport yang merupakan salah satu perusahaan asing yang ada di Indonesia, bergerak di bidang sektor pertambangan dan berlokasi di ujung timur Indonesia tepatnya di tanah Papua.Kekayaan alam Papua banyak dieksploitasi oleh perusahaan ini, sementara kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat lokal sungguh sangat memprihatinkan.

Ketimpangan sosial inilah yang banyak mengundang perhatian masyarakat, keuntungan yang didapatkan dari hasil eksploitasi sumber daya alam tanah Papua sungguh sangat berlimpah, emas menjadi salah satu komuditi barang tambang yang diburu dan harga emas dunia sungguh sangat fantastis.

Barang tambang lainnya selain emas juga didapatkan dan dikeruk habis oleh Freeport, masyarakat lokal hanya dijadikan sebagai buruh kasar dan sangat jauh dari kata kemakmuran. Pemerintah Indonesia seharusnya tidak menutup mata akan hal ini, banyak contoh perusahaan industri asing yang mendominasi kekayaan alam Indonesia.

Pertamina Contoh Perusahaan Industri Lokal Indonesia

Sebagai negara berkembang, Indonesia juga mempunyai perusahaan industri yang patut dibanggakan. Salah satu perusahaan industri lokal yang terkenal adalah Pertamina. Pertamina Persero merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang sumber daya alam pertambangan minyak dan gas dan merupakan perusahaan nasional. Sebagai perusahaan nasional Pertamina dibuka hampir di seluruh daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk menyuplai stok bahan bakar yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari baik berupa bahan bakar minyak dan bahan bakar gas.

Pemerintah Indonsia harusnya memberi support kepada perusahaan industri lokal untuk terus berkembang di tanah air. Keberadaan perusahaan industri asing di Indonesia bukan menjadi komuditi terselubung yang hanya menguntungkan beberapa pihak saja. Kemakmuran rakyat Indonesia sebagai penduduk lokal harus tetap diutamakan, dengan banyaknya perusahaan industri di Indonesia harusnya menjadikan masyarakat Indonesia lebih maju dalam hal kemakmuran dan kehidupan sosial perekonomiannya. Pertamina sebagai contoh perusahaan industri lokal harus menjadi motivasi bagi perusahaan lokal lainnya untuk tetap berkembang di tanah air sendiri.

Selanjutnya : Daerah Titik Refleksi untuk Pundak Sakit
Sebelumnya: Titik Refleksi pada Kaki Penderita Prostat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...