Contoh Pidato Ir. Soekarno


Contoh Pidato Ir. Soekarno

Sedang mencari contoh pidato? Coba carilah contoh pidato Ir. Soekarno. Isi pidato yang dibawakan Ir. Soekarno ini, bisa membawa kita menjadi lebih bersemangat dan mencintai negeri kita ini. Teks pidato tersebut, bisa Anda dapatkan di internet. Banyak teks pidato asli, kutipan, dan ulasan tentang pidato Ir. Soekarno.

Ir. Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang memiliki kemampuan berpidato yang sangat dahsyat. Bung Karno, itulah panggilan akbrab dari Singa Podium ini. Bung Karno yang memiliki karakter kuat sebagai seorang pemimpin selalu tampil dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Pidato-pidatonya selalu mampu membakar semangat masyarakat Indonesia di saat itu. Tidak hanya itu, isi pidato yang disampaikannya pun selalu menjadi magnet, baik bagi masyarakat Indonesia, maupun masyarakat dunia.

Jika kita browsing di internet, banyak sekali ulasan tentang pidato Bung Karno, khususnya tentang pengecaman terhadap Malaysia. Mungkin hal ini mencuat kembali setelah banyaknya masalah antara Indonesia dengan Malaysia. Pidato ini dilakukan sekitar tahun 1963. Pada waktu ini, Malaysia berencana untuk menggabungkan Brunei, Sarawak, dan Sabah menjadi Federasi Malaysia.

Hal ini dinilai akan mengganggu keamanan Negara Indonesia karena Malaysia merupakan salah satu boneka Inggris yang notabene adalah penjajah. Keadaan Indonesia dan Malaysia kembali membaik setelah adanya perjanjian perdamaian antara kedua Negara di tahun 1966, setelah kepresidenan jatuh pada Presiden Soeharto.

Seperti halnya pidato-pidato Bung Karno yang lainnya, pada pidatonya tentang Malaysia ini Bung Karno mengajak masyarakat Indonesa untuk tidak takut kepada Malaysia. Ia menyerukan bangsa Indonesia agar jangan mau diinjak-injak oleh Malaysia. Selain pidato ini, masih banyak pidati Bung Karno lain yang bida didapatkan di internet, misalnya pidato Bung Karno saat Sumpah Pemuda, saat HUT RI, juga pidatonya untuk PBB.

Demikianlah sekilas tentang contoh pidato Ir. Soekarno. Semoga dengan membaca pidato-pidato Bung Karno ini semangat kebangsaan dan rasa nasionalisme kita semakin kuat. Juga membuat kita semakin menghargai jasa para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan negeri ini dengan hal positif yang bisa mengharumkan nama bangsa.

Selanjutnya : Contoh Puisi Kartini - Puisi Karya RA Kartini
Sebelumnya: Contoh Penulisan Sasaran dan Target Karya Ilmiah untuk Mendapatkan Sponsor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar