Contoh Pidato Pengajian


Berikut adalah contoh pidato pengajian.

Assalamualaikum wr.wb.

Hadirin yang berbahagia, dalam pertemuan pengajian kita kali ini saya ingin memaparkan tentang ketepatan waktu dalam ibadah shalat. Shalat adalah tiang agama. Shalat adalah salah satu bentuk komunikasi kita dengan sang Khaliq. Kita dapat mencurahkan segala hal yang kita alami di dunia kepada Allah dalam shalat. Kita dapat memohon pertolongan kepada Allah, utamanya dalam shalat. Kita dapat meminta apa pun yang kita inginkan kepada Allah dalam shalat.

Shalat juga merupakan upaya untuk menyehatkan tubuh kita selain olahraga. Banyak ungkapan media yang menyatakan bahwa gerakan-gerakan dalam shalat memang banyak manfaatnya untuk memelihara kesehatan. Secara duniawi, shalat menjadi semacam terapi atau meditasi untuk keselarasan jiwa dan raga kita.

Selain shalat wajib, ada pula shalat sunnah, seperti shalat Taubat, shalat Hajat, shalat Tahajud, shalat Dhuha, dan lain-lain. Shalat wajib hukumnya adalah wajib. Shalat sunnah hukumnya adalah sunnah. Allah akan murka jika kita tidak melakukan shalat wajib. Akan tetapi, jika juga melakukan shalat sunnah, selain shalat wajib, maka akan ada banyak manfaat yang dapat kita raih.

Pernahkah bapak/ibu, adik-adik sekalian mendapatkan sesuatu yang diinginkan padahal belum sempat terucap meminta atau mengungkapkannya pada orang lain? Inilaah fadhilah dari orang yang sering melakukan ibadah sunnah. Kita dapat memiliki penglihatan dan pendengaran seperti Allah. Misalnya begini, baru saja dalam hati kita tebersit ingin makan bakso, eh, tiba-tiba beberapa menit kemudian ada kawan yang menawarkan kita makan bakso gratis.

Ternyata, kawan tersebut sedang ulangtahun hari itu. Atau, baru saja terpikir untuk cari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan bulanan. Tiba-tiba, ada kenalan yang menelpon menawari bisnis sampingan. Begitulah jika kita sering melakukan sunnah.

Intinya, shalat adalah kebutuhan kita untuk beribadah kepada Allah. Allah tidak membutuhkannya, tapi kitalah yang memerlukannya. Seperti juga perbuatan dosa atau zalim. Kitalah sendiri yang merugi atau menerima dampaknya. Allah hanya sedih saja karena menyayangi kita. Karena itu sebagai ungkapan cinta dan rasa syukur kita kepada Allah, laksanakanlah shalat dan ibadah sunnah lainnya. Persembahkanlah amal dan ibadah yang terbaik untuk Allah, dan hal-hal urusan kita seperti keinginan, kesulitan, rezeki, sampai urusan akhirat biar Allah yang mengurusnya.

Itulah salah satu contoh pidato pengajian. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Pidato Tentang Pendidikan di Hari Pendidikan Nasional
Sebelumnya: Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Handphone
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar