Contoh Pidato tentang Bencana Alam Banjir dan Dampaknya


Banyaknya bencana banjir yang terjadi di kota-kota besar adalah salah satu ulah manusia yang tidak pernah cinta akan lingkungannya. Banjir yang terjadi akibat meluapnya volume air pada sungai, bendungan, solokan, parit, atau saluran air lainnya karena banyaknya sampah yang menumpuk pada saluran air tersebut.

Sebagai orang yang seharusnya cinta lingkungan, kita wajib memperingatkan orang-orang yang masih mempunyai kesadaran lingkungan yang rendah dalam sebuah pertemuan organisasi lingkungan. Dalam sebuah organisasi lingkungan, biasanya seseorang ketua organisasi memberikan contoh pidato tentang bencana alam banjir beserta dampak yang ditimbulkannya.

Seorang anggota yang sadar lingkungan haruslah bisa mencontohkan hal yang baik kepada orang-orang di sekitarnya untuk mencintai lingkungan agar tidak terjadi banjir dengan membuang sampah pada tempatnya. Sebuah pidato tentang bencana alam banjir haruslah berisikan ajakan agar orang-orang bisa membuat lingkungan sekitar bersih tanpa sampah yang bisa menimbulkan banjir.

Ajakan kepada para pengendara mobil untuk menaruh tempat sampah di dalam mobilnya juga adalah salah satu bentuk kepedulian untuk mencegah banjir. Hal ini dilakukan agar mereka tidak membuang sampah ke jalan raya atau kemana pun mereka suka dengan cara melemparkan sampah tersebut melalui jendela mobil.

Hal ini selain akan menimbulkan genangan air yang tersendat pada saluran air, juga akan mencirikan si pemilik mobil adalah orang yang kurang beretika. Bagaimana tidak, seseorang yang mempunyai mobil, terlebih mobil mewah tidak pantas sekali membuang sampah sembarangan dari kaca mobil.

Dampak dari bencana banjir juga sangat merugikan. Banyaknya infrastruktur yang rusak akibat air banjir yang kotor. Selain itu, penyakit kulit juga bisa menyerang siapa saja yang terlalu lama hidup bersentuhan langsung dengan air banjir dan akan membuat tubuh  kita tidak nyaman.

Jika bencana alam banjir itu termasuk banjir yang besar, bisa saja selain air banjir, lumpur pun ikut membuat barang-barang di rumah yang terkena banjir rusak dan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan semuanya. Maka dari itu, perbuatan tidak mencintai lingkungan dengan membuang sampah sembarangan akan menyebabkan kita sendiri yang merugi akibat datangnya banjir. Jadi, cintailah lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selanjutnya : Cara Daftar Yahoo Messenger
Sebelumnya: Cara Budidaya Buah Naga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar