Contoh Pidato Tentang Islam Untuk Anak-anak


Contoh pidato tentang Islam untuk anak-anak dibuat dengan sederhana sesuai dengan logika anak-anak. Misalnya anak-anak diminta memegang telinganya. Beri pertanyaan adakah yang bisa membuat telinga sesempurna buatan Allah Swt. Ajak anak menyadari kelemahan dirinya dihadapan Sang Khalik.  Biarkan mereka merasa bahwa kesempurnaan itu hanya milik Yang Maha Kuasa.

Contoh Pidato Singkat Tentang Islam
  Assalamu’alaikum wr wb, Adik-adik   

     Alhamdulillah kita masih diberi nikmat Islam dan kita semua insyaallah dalam keadaan sehat jiwa dan raga. Bayangkan kalau ada semut yang menggigit kulit, rasa gatal, perih, sakitnya dirasakan oleh seluruh tubuh. Padahal gigitan itu sangat kecil. Siapa yang pernah merasa begitu?

    Mengapa bisa seperti itu? Tubuh ini adalah satu kesatuan. Satu bagian sakit, bagian yang lain bisa merasakan sakitnya. Coba sekarang cubit lengannya. Bagaimana? Sakit? Itulah hebatnya Allah Swt. Bayangkan kalau kita tidak merasa sakit ketika ada luka yang besar di bagian kaki. Apa yang akan terjadi? Kaki kita bisa diamputasi. Jadi, rasa sakit itu sebenarnya adalah nikmat.

   Kita harus bersyukur karena diberi rasa sakit dan bisa merasakan sakit. Iya, kan? Kalau sakit, mengucap apa? ‘Aduh aduh aduh ….” Begitukah? Tidak seperti itu? Lalu seperti apa? Ucapakan ‘Innalillahi wa inna ilaihi roji’un’. Setelah itu berusaha berobat dan tetap bersyukur tanpa mengeluh. Umat Islam itu kalau diberi sakit, ia sabar. Rasa sakit itu menggerus dosa. Siapa yang mau banyak dosa?

    Banyak orang yang mendapatkan berkah dalam sakitnya. Misalnya, Nabi Ayub. Nabi yang sabar ini diberi kenikmatan yang lebih dari sebelum ia sakit karena beliau tetap bersyukur dan sabar selama sakit. Apakah adik-adik bisa sabar dan tetap bersyukur ketika sakit? Bagus. Tapi tidak boleh berdiam diri. Adik-adik tetap harus mencari cara agar cepat sembuh. Kalau sehat, beribadah bisa lebih ditingkatkan.

    Nikmat Islam itu luar biasa. Allah Swt itu sangat sayang kepada umat-Nya. Percayalah, tidak ada satu umat pun yang tidak diperhatikan. Tetap menjadi anak sholeh dan sholeha, Adik-adik yang hebat. Sekian dulu. Mudah-mudahan bisa disambung lagi dilain waktu.

    Wassalamu’alaikum wr wb.
Itu sekelumit contoh pidato tentang Islam untuk anak-anak. Topik yang sederhana dengan contoh yang bisa anak-anak lihat, akan membuat pidato dipahami dengan baik. Apalagi dibawakan dengan memahami karakter anak.

Selanjutnya : Cara Pelihara Kura-Kura Brazil
Sebelumnya: Kerugian Kerja Part Time
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar