Contoh Program Kerja Humas dalam Organisasi


Dalam setiap organisasi pasti memiliki humas di susunan struktur organisasinya. Humas yang merupakan singkatan dari hubungan masyarakat secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan komunikasi antara sebuah organisasi dengan publik.

Pengertian publik di sini bukanlah mengacu pada masyarakat seluas-luasnya, melainkan kumpulan orang-orang yang memiliki kepentingan atau kepedulian yang sama. Mengindentifikasi publik dan kebutuhannya merupakan salah satu contoh program kerja humas dalam organisasi.

Peran humas sangat penting dalam sebuah organisasi. Humas memiliki peran dalam mengindentifikasi dan mengevaluasi sikap dan opini publik.

Hasilnya kemudian diolah untuk disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan organisasi yang berkaitan dengan kepentingan publik. Humas memberikan saran-saran kepada manajemen dalam membuat kebijakan.

Humas juga bertugas untuk membuat rencana program kerjanya dan melaksanakannya dengan tujuan supaya publik mau mengerti dan menerima keberadaan organisasi.

Kegiatan-kegiatan dalam program kerja humas dibuat sedemikian rupa supaya menjadi jembatan antara organisasi dan publik.

Kegiatan tersebut haruslah berjalan berkesinambungan karena sangat menentukan kualitas hubungan antara organisasi dengan publiknya.

Hubungan tersebut harus dijaga dan dipelihara demi kelangsungan hidup dan kesuksesan organisasi. Humas senantiasa mencari informasi mengenai sikap dan opini publiknya terhadap organisasi.

Secara umum, humas memiliki dua fungsi yang mendasar, yaitu mencari dan menyampaikan informasi. Mencari informasi mengenai publiknya untuk disampaikan kepada manajemen.

Sebaliknya, humas juga menyampaikan informasi mengenai organisasi kepada publiknya. Humas bisa dikatakan juga sebagai pintu masuk bagi publik jika ingin menghubungi organisasi. Sebaliknya, humas juga menjadi pintu bagi organisasi ketika berinteraksi dengan publik.

Dalam menyusun kegiatan apa saja yang akan dimasukan ke dalam program kerja, humas melakukan beberapa tahapan penting. Pertama adalah melakukan penelitian dan analisa.

Dari hasil penelitian kemudian dibuatkan perencanaanya untuk selanjutnya dilaksanakan dengan efektif. Tahapan terakhir adalah melakukan evaluasi atas program-program yang telah dilakukan.

Dengan begitu, seorang humas harus memiliki kemampuan meneliti dan menganalisa, membuat perencanaan program, melaksanakan rencana program, dan mengevaluasi kinerja dan hasil dari program tersebut. Itulah beberapa contoh program kerja humas dalam organisasi.

Selanjutnya : Beberapa Jenis Jus Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan
Sebelumnya: Senam Kesegaran Jasmani Gerakan Pemanasan untuk Tubuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar