Contoh Proposal Beasiswa S2 Manajemen


Pendidikan merupakan hal yang mutlak bagi semua orang, pendidikan juga hal yang wajib dikenyam oleh seluruh lapisan masyarakat. Saking pentingnya arti pendidikan, tidak jarang sebagian orang rela menempuh berbagai cara demi mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, diantaranya adalah melalui jalur beasiswa. Beasiswa yang banyak diminati oleh sebagain besar orang adalah gelar Magister, pasca sarjana atau S2. Untuk  mendapatkan beasiswa tersebut dibutuhkan pengajuan proposal kepada pihak-pihak yang bersangkutan.

Misalnya saja pendidikan S2 jurusan Manajemen, mahasiswa yang berminat mengenyam pendidikan S2 Manajemen dapat mengajukan permohonan beasiswa kepada pemerintah daerah, perusahaan tempat bekerja ataupun kampus dimana ia menyelesaikan program S1 sebelumnya. Berikut ini akan diberikan contoh proposal beasiswa S2 Manajemen yang dapat pula digunakan untuk pengajuan beasiswa S2 pada bidang lainnya.

Pengertian-pengertian

Sebelum menyajikan contoh proposal beasiswa S2 manajemen, terlebih dahulu diketahui pengertian dari beasiswa, proposal dan pendidikan pasca sarjana S2.
Beasiswa adalah tunjangan atau sokongan yang diberikan kepada para pelajar maupun mahasiswa sebagai bantuan biaya untuknya belajar. Beasiswa umumnya diberikan kepada pelajar di semua tingkatan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Menengah Pertama, Menengah Atas hingga Sarjana atau Pasca Sarjana.

Proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal umumnya digunakan untuk mengajukan beberapa proyek dalam bisnis atau usaha. Namun pada perkembangannya proposal juga digunakan sebagai pengajuan tertulis untuk mendapatkan beasiswa.

Proposal pengajuan beasiswa umumnya diajukan untuk mendapatkan bantuan pendidikan setingkat pasca sarjana seperti program Magister dan Doktor karena membutuhkan penggelontoran biaya yang sangat besar.

Jika total biaya untuk menempuh Strata satu atau pendidikan yang bergelar sarjana sebesar Rp. 35 juta hingga Rp. 50 juta, maka untuk program Magister atau program pendidikan pada tingkat strata dua sebelum gelar doktor, membutuhkan total biaya sekitar Rp. 60 juta hingga Rp. 85 juta untuk dua tahun masa pendidikan. Sedangkan untuk menempuh gelar doktoral yakni gelar kesarjanaan tertinggi yang diberikan perguruan tinggi kepada seorang mahasiswa S3 yang telah menulis dan berhasil mempertahankan disertasinya, mampu menembus angka Rp. 100 juta lebih, untuk total biaya pendidikan dan penelitiannya.

Contoh Proposal

Setelah mengetahui pengertian singkat mengenai istilah proposal, beasiswa dan sejumlah tingkat strata beserta perkiraan total biaya yang dibutuhkan, kini akan diberikan mengenai struktur proposal beasiswa S2.

STRUKTUR PROPOSAL

1.    Pertimbangan Logis
2.    Maksud dan Tujuan
3.    Peserta, Kurikulum dan Lama Pendidikan
4.    Sistem, Sumber dan Komponen Biaya
5.    Penutup
6.    Lampiran-lampiran (Rencana Anggaran Biaya)

Demikianlah diberikan struktur contoh proposal beasiswa S2 Manajemen yang dapat pula diaplikasikan untuk pengajuan beasiswa S2 bidang studi lainnya.

Selanjutnya : Contoh Surat Izin Sosialisasi Ke Sekolah
Sebelumnya: Menu Masakan Hari Sabtu Bagi Si Lajang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar