Contoh Proposal Dana Kegiatan yang Baik dan Benar


Bagaimana contoh proposal dana kegiatan? Ketika ingin menyelenggarakan suatu kegiatan atau perhelatan, seringkali dihambat oleh masalah pendanaan. Tentu bukan menjadi masalah, jika organisasi atau pihak yang akan menyelenggarakan mempunyai dana atau uang kas yang mencukupi untuk bisa melangsungkan kegiatan.

Namun, jika tidak mempunyai cukup dana maka membuat proposal dana kegiatan menjadi alternative utama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana dari perusahaan atau masyarakat sekitar. Karena proposal ini dibuat untuk mendapatkan kucuran dana, maka sudah seharusnya proposal dibuat dengan baik sehingga bisa meyakinkan orang untuk memberikan sumbangan dana.

Contoh Proposal

Berikut ini akan dipaparkan contoh proposal dana kegiatan yang baik dan benar.

A. Dasar Pemikiran

Pada bagian proposal ini harus dicantumkan mengenai dasar pemikiran atau latar belakang diselenggarakan kegiatan ini. disini pula anda harus menggambarkan urgensi dari penyelenggarana kegiatan, sehingga donator akan lebih tertarik untuk mengeluaran dana membiayai kegiatan ini.

B. Nama Kegiatan

Disini anda bisa mencantumkan nama kegiatan yang akan dilaksanakan, lengkap dengan tema kegiatan. Sehingga donator bisa mengetahui apa nama dan jenis kegiatan yang akan diselenggarakan.

C. Tujuan Kegiatan

Paparkanlah tujuan dari kegiatan nanti, dengan memahami tujuan kegiatan donator juga akan lebih mengetahui urgensi dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

D. Waktu dan Tempat Kegiatan

Tuliskan kapan waktu dan tempat dimana kegiatan diselenggarakan.

E. Jadwal Kegiatan

Tuliskan apa saja kegiatan yang akan diselenggarakan. Jika kegiatan berlangsung selama lebih dari 1 hari, maka jelaskan pula jadwal kegiatannya secara terperinci. Mungkin anda juga bisa mengundang donator untuk ambil bagian dari kegiatan yang dilakukan dengan menyesuaikan jadwal kegiatan dan jadwal donator.

F. Biaya Kegiatan

Bagian ini bisa jadi menjadi bagian yang penting bagi proposal dana kegiatan. Yang harus dilakukan adalah rincilah dana yang dibutuhkan dengan baik, dan hindari mark-up atau penggelembungan dana. Buat rincian dana kegiatan serasional mungkin, yang akan menjadi nilai plus proposal anda di mata donator.

G. Penutup

Dibagian ini berikan kesimpulan dari kegiatan dan sampaikan harapan besar panitia agar donator bisa memberikan kucuran dana.

Contoh proposal dana kegiatan yang baik dan benar haruslah menyampaikan rencana kegiatan  dan estimasi dana kegiatan yang dibutuhkan secara terperinci.

Selanjutnya : Kenalilah Jenis Buku Bacaan Bermutu
Sebelumnya: Berbagai Jenis Sony PSP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar