Contoh Proposal dengan Metode Kualitatif dalam Proposal


Proposal sendiri adalah hal yang tidak asing lagi bagi semua orang, utamanya untuk para mahasiswa dan segala para penyelenggara kegiatan-kegiatan formal.

Lantas, bagaimana yang belum tahu sama sekali tentang proposal? Pengertian proposal adalah bentuk rancangan kegiatan yang bersifat formal yang disusun secara sistematis dan terperinci.

Itu adalah pengertian secara umum, sedangkan proposal penelitian adalah gambaran atau laporan tentang proses yang dilakukan peneliti untuk dapat memecahkan permasalahan penelitian secara terperinci.Ada banyakbentuk proposal, salahsatunya contoh proposal dengan metode kualitatif.

Jenis-jenis proposal penelitian dibagi menjadi empat, yaitu: proposal penelitian pengembangan, proposal penelitian kajian pustaka, proposal penelitian kualitatif, dan proposal penelitian kuantitatif.

Proposal penelitian menggunakan metode kualitatif adalah mengkaji masalah secara terperinci, karena metode penelitian ini lebih menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu permasalahan.Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif.

Untuk memudahkan membuat proposal penelitian kualitatif, hendaknya harus mengetahui dulu kerangka proposal agar susunan pembuatannya terstruktur.

Kerangka proposal tersebut terdiri dari: Pendahuluan, Studi Kepustakaan, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Penutup. Dan berikut ini bagian-bagiannya.

BAB I: Pendahuluan, yang terdiri dari delapan bagian, yaitu: latar belakang, identifikasi masalah, fokus penelitian dan perumusan masalah, pembatasan masalah, penjelasan judul atau definisi operasional, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan objek penelitian.

BAB II:Studi Kepustakaan, yang terdiri dari tiga bagian, yaitu: kajian teori, kerangka konseptual, dan penelitian yang relevan.

BAB III: Metode Penelitian, yang terdiri dari lima bagian, yaitu: setting penelitian (waktu, tempat, dan subjek penelitian), rancangan dan prosedur penelitian, jenis dan sumber data, teknik dan alat pengumpulan data, teknik analisis data.

BAB IV: Hasil Penelitian dan Pembahasan, yang terdiri dari tiga bagian, yaitu: deskripsi data, temuan hasil penelitian, dan pembahasan.

BAB V: Penutup, yang terdiri dari tiga bagian, yaitu kesimpulan, implikasi, dan saran. Serta ditambah dua lampiran lagi sebagai tambahan, yaitu daftar pustaka dan lampiran-lampiran penting lainnya yang patut diuraikan di akhir laporan.

Proposal yang baik tentunya proposal yang terstruktur dengan benar sesuai kerangka proposal yang telah diuraikan. Semoga kerangka contoh proposal dengan metode kualitatif ini dapat membantu Anda menyelesaikan tugas akhir.

Selanjutnya : Contoh Budaya Cultural Survival
Sebelumnya: Vegetatif, Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan dan Contoh Reproduksinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar