Contoh Proposal Metodologi Penelitian Kuantitatif


Penelitian dalam sebuah karya ilmiah seperti skripsi, tesis atau disertasi pastilah harus memerlukan sebuah metodologi penelitian. Metodologi penelitian adalah cara yang dipilih dalam suatu penelitian berdasarkan data yang akan diteliti juga populasi dan sampel yang akan ditentukan.

Jenis-jenis metodologi penelitian yang biasanya dipakai bisa sesuai dengan bidang yang digeluti dari masing-masing ilmu. Sebelum melangkah ke penulisan skripsi, tesis atau disertasi, proposal penelitian harus dibuat searah dengan penelitian yang akan dilakukan. Jika ingin membuat penelitian kuantitatif, contoh proposal metodologi penelitian kuantitatif bisa dicari di perpustakaan kampus atau jurnal yang ada di internet atau majalah.

Metodologi penelitian kuantitatif adalah metode yang sistematis dan pastinya bisa terukur pada sebuah fenomena dan hubungan-hubungannya. Metode ini menggunakan model matematis yang biasanya berbentuk statistik beserta teori dan hipotesisyang berkaitan.

Metode kuantitatif biasanya dipakai dalam penelitian ilmiah bidang pendidikan, ilmu alam, fisika, biologi dan lain-lain yang berhubungan dengan hasil yang akan merujuk kepada data empiris. Metode penelitian kuantitatif mempunyai cabang penelitian tersendiri. Beberapa cabang dari penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut :

1. Metode survei

Biasanya metode survei ini akan menggunakan kuesioner sebagai data instrumen dalam sebuah penelitian.

2. Metode eksperimental

Metode eksperimental ini adalah metode penelitian kuantitatif yang melihat perbandingan data yang signifikan antara fenomena sampel penelitian yang sudah diberikan sebuah tindakan dengan sampel penelitian yang tidak diberikan tindakan apapun. Hasil dari penelitian eksperimen ini biasanya selalu sampel dengan menggunakan tindakan yang akan lebih bagus dibandingkan dengan sampel yang tidak diberikan tindakan.

3. Metode komparasi

Metode penelitian komparasi adalah metode yang membandingkan suatu variabel dengan variabel lainnya. Masing-masing variabel biasanya mempunyai bentuk instrumen data yang serupa. Misalnya nilai tes A dengan nilai tes B, kuesioner A dengan kuesioner B.

Jika ingin membuat contoh proposal metode penelitian kuantitatif, kita harus bisa memahami betul macam metode penelitian itu sendiri baru mencoba mengaplikasikannya dalam sebuah penelitian. Setelah proposal bisa diterima dengan baik dengan metode peneltiian yang benar, penulisan skripsi baru bisa dilakukan.

Selanjutnya : Ungkapan Selamat Pagi Bermakna Bijak
Sebelumnya: Membuat Contoh Proposal Kualitatif Pendidikan untuk Skripsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar