Contoh Proposal Penelitian Pendidikan Agama di Sekolah


Bicara soal tugas akhir tentang kependidikan, seperti jurnal ilmiah, skripsi dan sebagainya, berikut ini akan kita bahas contoh proposal penelitian pendidikan. Sebagai contohnya tentang pendidikan agama yang diajarkan di sekolah.
Format Umum Proposal Penelitian

-  Judul Penelitian

-  Bab Pendahuluan

-  Bab Kajian Pustaka

-  Bab Metodologi Penelitian

-  Bab Jadwal dan Biaya Penelitian

-  Bab Pelaksana Penelitian

-  Daftar Pustaka

-  Lampiran

Selanjutnya jika diterapkan dalam penelitian pendidikan, misalnya kita ambil kajian tentang peranan pendidikan agama terhadap kenakalan remaja siswa sekolah. Maka format proposalnya bisa seperti berikut:

1.  Judul Penelitian

“Peranan Pendidikan Agama terhadap Kenakalan Remaja Siswa Sekolah”

2.  Pendahuluan

a.  Latar Belakang. Misalnya kita kemukakan:

“Kenakalan remaja siswa sekolah sekarang semakin memprihatinkan. Banyaknya kasus peredaran narkoba, hamil di luar nikah dan  tawuran pelajar adalah sedikit contoh kasus kenakalan remaja. Peranan pendidikan agama di sekolah sangat penting dalam mengatasi kondisi ini”.

Itu sekedar contoh ringkas, dalam proposal kita bisa memperluas latar belakang disertai data-data dari berbagai sumber, tentang  realitas kenakalan remaja.

b.  Perumusan Masalah.  Misalnya kita buat perumusan masalah: 1.Hubungan kenakalan remaja dengan pendidikan agama di sekolah, 2.Peranan pendidikan agama dalam mengatasi kenakalan remaja di sekolah.

c.  Tujuan Penelitian. Misalnya: 1. Untuk mengetahui metode pengajaran pendidikan agama di sekolah dan sejauh mana pelaksanaannya, 2. Untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama dalam mengatasi kenakalan remaja siswa di sekolah.

d.  Manfaat Penelitian. Contohnya: Bagi pihak sekolah sebagai bahan dalam mengatasi persoalan kenakalan remaja siswa di sekolahnya.

3.  Kajian Pustaka

Kita paparkan teori-teori tentang kenakalan remaja, hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti lain dan sebagainya. Fungsi kajian pustaka untuk memperkuat landasan ilmiah dari penelitian yang akan dilakukan.

4.  Metodologi Penelitian

Misalnya menggunakan penelitian studi kasus di sekolah tertentu. Bisa juga dengan penelitian kualitatif melalui studi pustaka untuk meneliti kasus kenakalan remaja secara lebih luas.

5.  Rencana Jadwal dan Biaya Penelitian

6.  Biodata Peneliti (perseorangan atau kelompok)

7.  Daftar Pustaka

8.  Lampiran (jika ada)

Demikian panduan sederhana dalam membuat contoh proposal penelitian pendidikan, dengan contoh tentang peranan pendidikan agama di sekolah. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat proposal adalah bab pendahuluan, landasan ilmiah dan metodologi penelitian. Semoga

Selanjutnya : Minimnya Pengetahuan Deskripsi tentang Hewan Langka
Sebelumnya: Tempat Berlibur di Bangkok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar