Contoh Proposal Seminar Kesehatan


Contoh proposal seminar kesehatan harus memuat paling tidak beberapa hal. Misalnya, ada keterangan tentang latar belakang penyelenggaraan seminar yang dituangkan dalam Pendahuluan. Selain itu, harus ada informasi tentang tema seminar, tujuan penyelenggaraan, anggaran yang dibutuhkan. Selanjutnya ada keterangan tentang susunan panitia, waktu pelaksanaan, pembicara yang akan hadir.

Contoh proposal seminar kesehatan berikut ini tentang kesehatan remaja.

PROPOSAL
SEMINAR KESEHATAN REMAJA

a. Pendahuluan

Tanpa remaja yang sehat, negara tidak bisa berkembang dengan baik. Kesehatan remaja adalah salah satu tiang pembangunan. Remaja yang sehat akan bisa beraktivitas dengan baik. Mereka bisa melakukan banyak hal.

Seminar ini dimaksudkan memberikan informasi dan bimbingan kepada para remaja di lingkungan Kabupaten Muba agar menjadi remaja sadar tentang kesehatan mereka. Tema yang diambil untuk acara seminar ini adalah ‘REMAJA SEHAT, REMAJA CERDAS’.

Seminar ini gratis dengan kepesertaan terbatas hanya untuk 300 orang. Peserta diharapkan dari berbagai SMA/SMK sederajat dari dalam kota Muba. Untuk mendapatkan keragaman latar belakang sekolah, undangan akan disebarkan secara merata ke seluruh sekolah yang ada di kota Muba.

b. Waktu Pelaksanaan

Seminar ini akan diadakan pada tanggal 27 Oktober di Hall Rakyat Muba pada pukul 8.00 – 12.00. Para pembicara adalah Bupati Muba, Bapak Fachri, dr. Ify, dan beberapa remaja berprestasi tingkat nasional dari Kabupaten Muba.

c. Susunan Acara (terlampir)

d. Perkiraan Anggaran (terlampir)

Cara Mendapatkan Sponsor

Bentuk proposal bisa saja tidak sama dengan contoh tersebut. Tetapi satu hal yang diingat bahwa sebaiknya proposal itu tidak terlalu panjang. Proposal menjadi tidak efektif dan biaya pembuatannya menjadi membengkak.

Untuk mendapatkan sponsor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan  timbal balik yang akan didapatkan oleh sponsor. Misalnya, dengan uang sebesar sekian, sponsor mendapatkan satu tempat untuk berpromosi. Sponsor bisa juga diberikan waktu tersendiri untuk mengiklankan produknya.

Kedua, apakah akan memberikan tempat pada leaflet dan baliho untuk lambang atau nama sponsor. Panitia juga bisa meminta sponsor memberikan bantuan dalam bentuk barang yang dibutuhkan. Untuk itu, panitia harus merinci barang apa saja yang diperlukan.

Contoh proposal seminar kesehatan tersebut memang sangat sederhana. Namun demikian, proposal itu bisa saja dikembangkan lebih lanjut menjadi proposal yang lebih lengkap. Bahasa yang digunakan harus bahasa Indonesia baku dan tidak menggunakan bahasa sehari-hari walaupun panitia adalah anak sekolah.

Selanjutnya : Fungsi dari Screen Saver pada Monitor Komputer
Sebelumnya: Fasilitas Kartu Prabayar XL
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar