Contoh Prosedur Text Kerajinan


Contoh Prosedur Text Kerajinan adalah Contoh Teks Prosedur Untuk Membuat Kerajinan. Pengertian Prosedur Text Kerajinan adalah teks yang isinya menyampaikan cara-cara atau langkah-langkah menciptakan kerajinan tangan. Contoh Teks Prosedur umumnya pernah Anda baca melalui Naskah Teks Prosedur Kerajinan Tangan melalui Buku Membuat Kerajinan Dari Lilin Bekas atau Artikel Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas. 

Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur Untuk Kerajinan merupakan penjelasan yang mempermudah pembaca untuk menciptakan atau membuat kerajinan dengan mengikuti cara dan langkah yang disusun secara bertahap. Contoh Procedure Text Tentang Kerajinan Tangan diperlukan oleh penulis yang ingin membuat buku kerajinan atau editor buku kerajinan untuk memudahkan pembaca ketika mempraktekkannya.

Pertama Bahasa Dalam Teks Prosedur Kerajinan terdiri atas “Goal/Tujuan” yang terdapat di Bagian Awal Prosedur Text yang menerangkan tujuan pembuatan kerajinan. Misalnya: “Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas dapat membantu mengurangi volume sampah rumah tangga, menjaga lingkungan dari pencemaran, dan bisa mendatangkan uang”.

Kedua Bahasa yang Digunakan Dalam Prosedur Teks Kerajinan berikutnya adalah “Materials/Materi-Materi” yang menerangkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan.

Bahan dan Alat Pembuatan Kerajinan Dari Kain Flanel

– Kain Flanel Aneka Warna
– Gunting
– Lem
– Jarum
– Benang

Ketiga Bahasa Untuk Prosedur Teks yang terpenting adalah “Steps/Langkah-Langkah” yang menerangkan cara-cara atau langkah-langkah membuat suatu kerajinan dari awal sampai akhir secara berurutan.

Cara Menulis Prosedur Teks Untuk Pembuatan Kerajinan haruslah mengikuti kaidah berikut ini:

  1. Kalimat Prosedur Teks haruslah kalimat dalam konteks saat ini dan merupakan kata kerja. Contoh Prosedur Teks Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Plastik Bekas misalnya: “Kumpulkan plastik bekas refill, cuci bersih, tiriskan”. 
  2. Kalimat Untuk Teks Prosedur adalah kalimat perintah atau kalimat imperatif. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Pigura Foto Dari Kardus Bekas misalnya: “Siapkan kardus bekas indomie dan gunting kardus mengikuti pola persegi panjang”.
  3. Kalimat Dalam Teks Prosedur haruslah memakai kalimat mengurut atau kalimat adverbial dengan kata penghubung seperti kemudian, lalu, berikutnya, selanjutnya—yang berfungsi menjelaskan posisi, cara, dan waktu. Misalnya: “Potong botol plastik menggunakan cutter lalu dibentuk seperti gelas, oleskan seluruh permukaan dengan kertas warna-warni dan tambahkan hiasan manik-manik”.

Demikian informasi mengenai Contoh Prosedur Text Kerajinan. Semoga membantu Anda Menyusun Teks Prosedur dengan baik.

Selanjutnya : Contoh Menu Hidangan Penutup
Sebelumnya: Contoh Membuat Pengumuman Lomba di Sekolah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar