Mengenal Contoh Puisi Bertema Alam

Contoh puisi bertema alam merupakan puisi yang terinspirasi oleh keadaan alam sekitar ataupun alam negeri yang memang sangat indah dan juga asri dengan kehijauannya. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang sangat indah karena dibuat berdasarkan suasana hati si penulis.

Dalam artian, puisi merupakan karya sastra yang sensitif karena bermain dengan perasaan si pengarang dalam proses pembuatannya. Banyak judul dan jenis puisi yang dibuat oleh orang biasa hingga para pujangga yang memang berkecimpung di dunia penulisan puisi. Contoh puisi alam memiliki banyak makna dan arti.

Loading...

Salah satunya adalah mungkin sebagai salah satu cara mengungkapkan perasaan syukur terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa ataupun ucapan perasaan suka dan cinta yang diapresiasikan dengan menggunakan alam sebagai pengganti. Dan masih banyak lagi makna puisi yang bertemakan alam.

Contoh puisi alam bisa dijadikan sebagai pengingat dengan cara yang indah bahwa alam memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehingga manusia kiranya agar selalu menjaga kelestarian alam yang hanya titipan anak cucu di masa depan.

Inspirasi Penulisan Puisi Bertema Alam

Contoh puisi alam pastinya terinspirasi dari keadaan alam Indonesia yang tidak dapat dipungkiri keindahannya. Mulai dari daratan, lautan, pesisir, puncak, pegunungan, dan lain sebagainya, semuanya memiliki titik keindahan yang sangat sempurna dan lengkap yang mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain.

Kebanggaan atas alam Indonesia diungkapkan dalam bentuk karya sastra yang indah seperti puisi akan menjadikan alam memiliki gambaran yang sangat sempurna dalam bentuk sebuah karya.

Inspirasi penulisan puisi bertemakan alam bagi para penulis puisi akan didapat dari mana saja karena setiap sudut pandangan akan terlihat keindahan alam yang mungkin tidak terbaca oleh penikmat lain. Puisi yang bertemakan alam bisa bercerita tentang kepemimpinan manusia dalam menjaga kelestarian alam di muka bumi. Selain itu, setiap keindahan yang ditemui merupakan anugerah Tuhan sebagai tanggung jawab yang harus dijaga dan dipelihara.

Puisi bertemakan alam tidak selamanya mengenai keindahan. Akan tetapi, inspirasi tersebut datang ketika alam sedang menumpahkan kemarahannya akibat tidak bertanggung jawabnya manusia dalam menjalankan tugasnya.

Setiap inspirasi yang diterjemahkan dalam bentuk puisi, akan menarik makna dan kesimpulan yang bisa diartikan ketika karya tersebut dibaca dan dimaknai.

Contoh Apresiasi Puisi Bertema Alam

Contoh puisi alam bisa menggambarkan tentang keindahan alam yang di darat dan juga alam yang di laut. Dengan memahami puisi yang dibuat, maka keindahan tidak hanya dalam bentuk tulisan dan gaya bahasanya saja melainkan dari makna yang tersirat dalam penulisan puisi tersebut.

Karya sastra tidak akan pernah mati oleh berlalunya waktu, karya sastra akan selalu hidup selama bumi dan isinya belum berakhir. Keindahan alam yang dinikmati dalam bentuk tulisan akan selalu ada seiring berjalannya waktu.

Setiap saat penikmat puisi akan selalu bertambah dan akan menghargai setiap tulisan yang ditorehkan untuk memuja keagungan dan keindahan ciptaan Tuhan dalam bentuk krya yang juga indah. Berikut ini contoh puisi bertemakan alam yang menginspirasi.

cats 1

Itulah contoh puisi berema alam. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Kotagede Penghasil Silver di Yogyakarta
Sebelumnya: Macam-macam Alat Pancing Ikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar