Membuat Contoh Puisi Sedih


Membuat puisi untuk mengekespresikan apa yang sedang ada di diri kita memang tidak ada salahnya. Berbagai puisi bertemakan cinta, kemerdekaan, penghayatan, kekerasan, dan puisi sedih pun bisa dijadikan sebuah ajang pengekspresian diri. Untuk membuat contoh puisi sedih biasanya akan lebih bagus jika seseorang yang membuatnya sedang mengalami keadaan yang benar-benar sedih. Jika sebuah puisi sedih dibuat tidak dalam keadaan sebenarnya, biasanya kata-kata yang ditulisnya akan berbeda dengan yang dirasakannya. Hanya semu dan tidak nyata.

Berikut ini adalah salah satu contoh puisi sedih yang ditulis tidak dengan perasaan yang benar-benar sedih.

Lirih

Di atas sebuah coretan kertas ada sebuah lirih
Lirih dalam kesendirian tanpa batas
Ini adalah hati yang tersayat
Tak kubiarkan sedikitpun kujahit

Sebuah contoh puisi di atas adalah puisi sedih tentang keadaan patah hati. Biasanya, puisi yang berisikan patah hati selalu bermana sedih. Bagaimana tidak? Tidak pernah ada patah hati yang bahagia karena patah hati selalu dibarengi dengan perasaan sedih yang sampai bisa berlarut-larut.

Sebuah puisi yang bagus termasuk puisi sedih biasanya bisa membuat pembacanya ikut masuk ke dalam kesedihan itu tersebut. Jika si pembaca merasa trenyuh membaca puisi sedih itu, maka si penulis sudah berhasil membuat si pembaca mengikuti alur yang ada. Biasanya, pembacaan puisi sedih selalu dramatis dengan nada lirih dan bisa juga sampai menitikkan air mata. Pembacaan puisi misalnya di sebuah teater dengan tema sedih jika dihayati benar-benar, pastilah kita si pembaca puisi akan merasakan kesedihan yang sama seperti puisi yang dibacakannya.

Jika seseorang menyukai sebuah puisi sedih atau ahli dalam membuat puisi sedih, biasanya dalam keadaan apapun baik itu gembira apalagi sedih mereka bisa dengan pandainya merangkai kata-kata sedih untuk puisinya. Selain tema patah hati, teman kematian ataupun kehilangan juga bisa dijadikan puisi sedih yang menyayat hati. Bagaimanapun biasanya, sebuah kematian ataupun kehilangan apapun adalah hal yang bisa membuat hati sedih. Jika kita menyukai menulis puisi, tema itu akan mudah ditulis dengan kata-kata yang menyayat hati.

Jadi, untuk membuat contoh puisi sedih, kita harus bisa memahami keadaan untuk menulis hal-hal sedih itu sendiri. Sebuah penghayatan dalam puisi sangat penting untuk kata-kata yang dihasilkan dalam tulisan puisi.

Selanjutnya : Tata Ruangan Rumah yang Baik
Sebelumnya: Perjalanan Muhammadiyah dalam Menegakkan Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar