Contoh Puisi tentang Keindahan Bawah Laut


Puisi tentang keindahan alam Indonesia sangatlah banyak. Puisi ini menggambarkan bagaimana indahnya Negara Indonesia. Selain menggambarkan keindahan, puisi ini juga memunculkan semangat untuk mencintai negeri sendiri. Salah satu contoh puisi tentang keindahan bawah laut adalah puisi oleh W.S. Rendra.

Rendra adalah pujangga dan penyair ternama di Indonesia. Dia merupakan salah satu yang terbaik di negeri ini. “Si Burung Merak” dilahirkan di Solo, 7 November 1935. Beliau banyak menulis puisi yang indah. Rendra sudah banyak dikenal publik sejak usia remaja. Sayang Rendra sudah meninggal pada tanggal 6 Agustus 2009 lalu.

Rendra banyak menuliskan karya yang bernada kritikan. Kritikan ini banyak ditujukan kepada pemerintah dan juga penyakit sosial dan moral yang melanda negeri kita. Karakternya akan selalu diingat oleh penggemarnya. Selain tentang sosial, Rendra juga pernah menulis puisi tentang keindahan alam Indonesia.

Puisi Lautan Karya Rendra

Salah satunya adalah puisi berjudul “Lautan” berikut ini :

gambar rahasia

tiga buah

daratan

Puisi di atas mengambarkan keindahan laut di Indonesia. Selain itu, puisi ini juga seolah mengingatkan karakter masyarakat kita. Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Jadi seharusnya karakter negeri kita lebih condong ke laut daripada daratan. Manfaatkan laut kita yang indah sebagai landasan untuk maju dan beradab.

Ada banyak manfaat laut untuk kehidupan manusia. Laut adalah tempat mencari nafkah bagi para nelayan dan di lautlah tempat kerja para nelayan. Ikan di laut memang merupakan buruan para nelayan.

Tapi, apa jadinya jika laut sudah tercemar? Ikan-ikan akan mati dan para nelayan mungkin saja kehilangan mata pencahariannya. Jadi, begitu pentingnya kita menjaga kelestarian laut Indonesia. Itulah kira-kira pesan lain dari puisi Rendra tersebut.

Laut Indonesia memang sangat luas dan Indonesia memang terkenal dengan negara kepulaun. Laut pun menjadi sumber inspirasi banyak penyair untuk membuat puisi bertemakan laut. Ya, keindahan laut di Indonesia telah membuat semua orang terkesima, termasuk para penyair yang akan membuat karya puisi.  Puisi Rendra tersebut pun menggambarkan keindahan luas biasa laut Indonesia.

Demikian contoh puisi tentang keindahan bawah laut karya Rendra. Semoga artikel ini bermanfaat!

Selanjutnya : Menelisik Unsur Yang Harus Dianalisa Dalam Mengambil Keputusan
Sebelumnya: Metode Penelitian Kualitatif Deskriptif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar