Contoh Puisi Tentang Peduli Lingkungan


Contoh puisi tentang peduli lingkungan adalah salah satu cara kampanye yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kelestarian lingkungan.

Puisi tentang peduli lingkungan hidup menjadi tema yang banyak digarap oleh para penyair terkenal seperti Taufik Ismail, Gus Muh, W.S. Rendra, dan lainnya.

Kumpulan puisi lingkungan dari penyair ternama menginspirasi para penyair generasi berikutnya untuk menulis puisi dengan tema serupa. Contoh puisi isu kepedulian lingkungan memberikan pengaruh besar kepada masyarakat untuk melakukan gerakan cinta bumi.

Contoh kumpulan puisi peduli lingkungan merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menjaga lingkungan hidup tetap asri serta mempertahankan kelestarian ekosistem.

Puisi tentang peduli lingkungan hidup merupakan respon terhadap kondisi di masyarakat seperti masalah sampah yang mencemari sumber mata air, penebangan dan perambahan hutan secara liar, perusakan lingkungan untuk kepentingan pertambangan yang tidak memperhatikan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), alih fungsi lahan atas nama pembangunan yang tidak memperhatikan rencana tata ruang dan tata wilayah, dan masalah lainnya. Berikut ini contoh puisi tentang lingkungan yang bisa dijadikan referensi:

Contoh Puisi Tentang Peduli Lingkungan1

Contoh Puisi Tentang Peduli Lingkungan2

Namun, puisi dengan tema lingkungan hidup tidak hanya didominasi kritik sosial saja. Contoh puisi dengan tema kelestarian lingkungan dapat berupa apresiasi terhadap keindahan alam semesta sehingga pembaca menjadi lebih menyadari pentingnya pelestarian alam dan lingkungan.

Cara melestarikan lingkungan tidaklah sulit, salah satunya dengan tidak menebang pohon dan atau menanam pohon di halaman rumah, mengurangi penggunaan AC dan lampu dengan membangun rumah yang memiliki sistem sirkulasi udara dan cahaya baik, mengurangi penggunaan kantong plastik dan membawa tas sendiri setiap berbelanja, tidak membuang sampah sembarangan, menerapkan 3R dan zero waste home, dan lainnya.

Contoh-contoh puisi tentang lingkungan sangat penting menjadi salah satu bahan ajar di sekolah untuk menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini. Selain itu, pihak pemerintah melalui Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta dinas-dinas dibawahnya di tingkat kabupaten/kota dapat menyelenggarakan Lomba Menulis Puisi atau Membaca Puisi dengan Tema Peduli Lingkungan pada peringatan Hari Bumi setiap Tanggal 22 April atau Hari Air Tanggal 22 Maret.

Orang bijak berkata, jangan sampai kita baru peduli pada lingkungan ketika kita sadar bahwa kita tidak bisa makan uang. Alam ini bukan milik sebagian orang saja, namun milik semua yang hidup diatasnya. Ingat, kita meminjam alam ini dari anak cucu kita. Mari dukung gerakan cinta lingkungan mulai dari diri sendiri salah satunya dengan menulis, membaca, dan menyosialisasikan contoh puisi tentang peduli lingkungan.

Selanjutnya : Type Sepeda BMX
Sebelumnya: Sistem Pemerintahan di Indonesia dan Peran Lembaga Negara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar