Contoh Replik dalam Gugatan Perceraian


Sebelum melayangkan gugatan perceraian, penggugat membuat surat perceraian terlebih dahulu. Surat gugatan perceraian ini dibuat dan ditujukan kepada pengadilan agama atau pengadilan negeri yang menangani perkara perceraian.Dalam serangkaian surat gugatan perceraian ini ada replik perceraian. Apa itu replik perceraian bisa kita lihat dalam ulasan contoh replik dalam gugatan perceraian berikut.

Ada kalanya perkawinan tidak berjalan dengan baik disebabkan oleh berbagai hal. Jika sudah tidak bisa berjalan dengan baik, perkawinan bisa terancam perceraian. Penyebab perceraian pun bermacam-macam, namun pada umumnya salah satu pihak tidak bisa menjalankan kewajiban dan tanggungjawabnya dalam rumah tangga.

Bila perkawinan sudah tidak bisa dipertahankan lagi, sementara segala upaya sudah ditempuh untuk mempertahankan, perceraian merupakan jalan terakhir yang ditempuh. Sangat disayangkan jika sebuah perkawinan yang sudah dibina sejak lama harus kandas di tengah jalan. Namun, jika memang itu yang terbaik, maka tidak ada salahnya ditempuh.

Bagi mereka yang sudah memiliki anak, sebaiknya pikirkan seribu kali terlebih dahulu jika harus bercerai. Perkembangan anak harus menjadi perhatian utama bagi kedua belah pihak yang akan bercerai. Hal ini dilakukan supaya anak-anak di rumah tidak menjadi korban keegoisan kedua orangtuanya. Dan, sekali lagi jika pun harus bercerai, bicarakan baik-baik mengenai pengasuhan anak.

Mengajukan gugatan perceraian harus menempuh beberapa tahapan. Tahap pertama adalah membuat surat gugatan perceraian. Ada yang bingung dengan surat gugatan perceraian dan surat replik dalam gugatan perceraian. Replik gugatan perceraian itu merupakan bagian dari isi surat gugatan perceraian atau jawaban atas panggilan pengadilan untuk menindaklanjuti perkara.

Replik gugatan perceraian ini memuat beberapa alasan mengapa salah satu pihak, dalam hal ini penggugat menginginkan perceraian. Dalam replik ini penggugat mencantumkan berbagai hal yang menjadi kekisruhan atau perselisihan dalam rumah tangganya.

Isi replik gugatan perceraian harus dibuat oleh penggugat apakah pihak suami atau pihak isteri sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dalam rumah tangga. Sebaiknya sebelum bercerai Anda pikirkan dengan matang terlebih dahulu, supaya tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Semoga ulasan singkat mengenai contoh replik dalam gugatan perceraian ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Rahasia Orang-orang yang Berprestasi dalam Bidang Akademik
Sebelumnya: Universitas Farmasi Di Lampung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar