Contoh Resensi Buku Non Fiksi yang Benar


Contoh resensi buku non fiksi yang benar bisa Anda temukan dengan mudah di media massa, baik cetak maupun elektronik. Secara umum, resensi buku non fiksi tidak berbeda jauh dengan resensi buku fiksi. Resensi buku haruslah memuat beberapa hal berikut.

Informasi tentang Buku

Meliputi: judul, nama penulis, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, dan sebagainya.
Contoh:

  • Judul            : Kaya dengan Bersyukur
  • Penulis            : Aura Husna
  • Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit        : 2013
  • Jumlah Halaman    : 280 hal
  • Harga            : Rp. 45.000,-

Penjelasan tentang Buku secara Garis Besar

Ini bisa berupa sinopsis atau penjelasan ringkas tentang isi buku menurut versi peresensi. Melalui penjelasan ini, sedikit banyak pembaca memiliki gambaran tentang buku tersebut.
Misalnya:

Syukur adalah sebuah kata yang sangat ringan terucap, namun sulit dalam aplikasi. Namun dalam buku ini, penulis memberikan penjelasan sederhana seperti apa makna syukur sesungguhnya.

Menariknya lagi, penulis tidak sekadar menjabarkan syukur dalam bentuk teori. Akan tetapi juga melengkapinya dengan contoh-contoh aplikatif serta kisah inspiratif mereka yang merasakan keberkahan dari rasa syukur yang menghadirkan kekayaan materi maupun nonmateri. Dan seterusnya…

Penjelasan Satu Bab atau Subbab yang Menarik

Pilih salah satu bab yang menurut kita paling menarik. Kemudian, ulas dengan gaya bahasa dan sudut pandang seunik mungkin. Sehingga, resensi yang Anda buat mampu menggelitik hati orang lain untuk ikut membaca buku tersebut.

Contoh:

Perhatikan saja bagaimana penulis menggambarkan kisah seorang kakek Abu Hurairah yang mengabdikan dirinya untuk dakwah. Laki-laki tua ini membiayai hidupnya hanya dengan berjualan buku-buku murah di sela-sela aktivitas dakwahnya.

Tapi siapa sangka, keberkahan demi keberkahan menyertai setiap langkahnya. Sehingga, panggilan haji pun ia dapatkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Bagaimana ia memperoleh semua itu? Di sinilah keajaiban rasa dan amalan syukur bekerja. Dan seterusnya…

Penilaian Peresensi tentang Buku

Inti dari resensi buku bukanlah apa isi buku yang dimaksud. Akan tetapi, bagaimana penilaian peresensi terhadap buku yang dimaksud. Penilaian di sini meliputi apa kelebihan dan kelemahan buku, bisa juga dibandingkan dengan buku lain yang sejenis dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang contoh resensi buku non fiksi yang benar. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Khasiat Garam dan Madu Untuk Pencegahan Sakit Tenggorokan
Sebelumnya: Kekuatan Doa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar