Contoh Rumusan Masalah


Contoh Rumusan Masalah merupakan ketentuan dalam Penelitian Kualitatif. Pengertian Rumusan Masalah adalah suatu pertanyaan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan dan analisis data. Penulisan Rumusan Masalah umumnya terdapat di Bab I setelah Penulisan Latar Belakang Penelitian. Rumusan Masalah Dalam Penelitian umumnya diuraikan menjadi beberapa pertanyaan penelitian. 

Cara Menyusun Rumusan Masalah Penelitian adalah dengan mengubah Judul Penelitian menjadi pernyataan masalah yang dirumuskan dari permasalahan yang dijabarkan dalam latar belakang penelitian. Rumusan Masalah haruslah didasarkan pada masalah dan bertujuan menjawab kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dilakukan melalui penelitian.

Contoh Bentuk Rumusan Masalah

Berikut ini beberapa Contoh Bentuk Rumusan Masalah yang bisa menjadi referensi bagi Anda untuk Membuat Rumusan Masalah Untuk Penelitian.

1. Rumusan Masalah Deskriptif: ”Bagaimana Model Pengembangan Jaringan Kelompok Sabilulungan?”

2. Rumusan Masalah Komparatif: “Bagaimana Perbedaan Difusi Inovasi Pada Pengrajin Gerabah Di Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman?”

3. Rumusan Masalah Asosiatif: “Bagaimana Hubungan Partisipasi Anak Sekolah dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana dengan Penurunan Jumlah Anak Sebagai Korban Bencana di Kabupaten Bandung?”

4. Rumusan Masalah Penelitian Kebencanaan “Bagaimana Model Pengembangan Jaringan Kerja Institusi Lokal dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat di Desa Padaasih Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat”. Masalah Penelitian ini kemudian diuraikan dalam beberapa pertanyan penelitian sebagai berikut :

  • Bagaimana gambaran kerentanan bencana di Desa Padaasih?
  • Bagaimana gambaran tentang institusi lokal?
  • Bagaimana gambaran jaringan kerja institusi lokal?
  • Bagaimana pengembangan jaringan kerja institusi lokal dalam upaya pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat?
  1. Bagaimana kebutuhan jaringan kerja institusi lokal?
  2. Bagaimana perencanaan jaringan kerja institusi lokal?
  3. Bagaimana implementasi jaringan kerja institusi lokal?
  4. Bagaimana evaluasi jaringan kerja institusi lokal?
  • Bagaimana model pengembangan jaringan kerja institusi lokal dalam upaya pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat?

5. Rumusan Masalah Penelitian Isu Bencana: “Bagaimana Model Pengembangan Resiliensi Masyarakat Terhadap Risiko Bencana Tanah Longsor Di Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat?”

Perumusan Masalah merupakan tahapan penting dalam penelitian karena Rumusan Masalah akan sangat mempengaruhi hasil penelitian. Sebaiknya Anda rutin berkonsultasi dengan dosen pembimbing atau supervisor penelitian dalam Merumuskan Masalah Penelitian agar penelitian Anda terarah dengan benar. Semoga Contoh Rumusan Masalah ini membantu Anda melaksanakan penelitian dengan lebih baik.

Selanjutnya : Mengenal Kosakata Bahasa Arab Sehari-hari
Sebelumnya: Anggapan BB Batam Murah Bukan Penipu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar