Contoh Sample dalam Statistika Dasar


Sebagaimana ilmu matematika pada umumnya, statistika juga dipenuhi dengan angka; baik itu angka rata-rata, persentase, angka median, dan yang lain sebagainya. Namun, apa yang dimaksud dengan ‘contoh sample dalam statistika dasar’?

Sample sangat berkaitan erat dengan populasi. Populasi sendiri merupakan keseluruhan objek penelitian yang terdiri dari sekumpulan benda atau makhluk hidup. Dan sample merupakan sebagian objek yang diambil dari sebuah populasi untuk dianalisis sebagai bahan penelitian. Jika penelitian pada umumnya harus melibatkan seluruh objek, sampel hanya diambil beberapa objek saja sebagai perwakilan.

Dalam statistika dasar menurut Rath and Strong, sample dibagi menjadi dua , yaitu:

  • Sample judgemental, sebagaimana namanya, judgement berarti penilaian. Sampel ini diambil berdasarkan analisis secara mendalam untuk menghasilkan hasil yang lebih optimal dan mendekati hasil penelitian menyeluruh.
  • Sample statistical, sample ini diambil secara acak dari keseluruhan item atau populasi yang akan diteliti.

Untuk lebih memahami contoh sample dalam statistika dasar, mari kita tilik beberapa contoh berikut:

  • Budi hendak membeli sekarung beras di sebuah toko. Namun demikian, ia juga ingin memastikan kualitas beras yang ia beli. Oleh karenanya, Budi mengambil sampel dari beras yang hendak ia beli dengan cara mengambilnya secara acak di dalam genggamannya. Dengan begitu, Budi dapat melihat kualitas fisik beras tersebut. Segenggam beras yang Budi ambil tersebut merupakan contoh sample dalam statistika dasar.
  • Sebuah perusahaan game developer hendak mengambil beberapa sampel ekspektasi game developer dari sudut pandang mahasiswa. Karena mahasiswa sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tidak mungkin jika game developer  tersebut meneliti semuanya secara sekaligus. Oleh karenanya, game developer tersebut membuat sebuah angket online yang disebarkan ke beberapa universitas ternama untuk diisi dalam jangka waktu tertentu. Setelah mencapai jangka waktu yang telah ditentukan, maka game developer tersebut menutup angket online yang telah disebarkan tadi dan mendapatkan hasil penelitian secara acak dari beberapa mahasiswa. Pengambilan secara acak ini juga merupakan salah satu contoh sample dalam statistika dasar yang sering digunakan oleh perusahaan.
Selanjutnya : Tips Cara Cepat Belajar Fisika
Sebelumnya: Bahan Kain untuk Olahraga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar