Contoh Sengketa antara Cina dan Malaysia, apa yang terjadi?


Hubungan internasional antar negara lazim menimbulkan konflik-konflik kepentingan antar dua negara atau lebih. Salah satunya adalah konflik yang terjadi antara Cina dan Malaysia. Apa sajakah contoh sengketa antara Cina dan Malaysia yang terjadi? Simak tulisan berikut.

RRC atau Republik Rakyat Cina merupakan Republik Sosialis, beribukota di  Beijing. Bahasa resmi yang digunakan di sana Mandarin, Presidennya yang telah menjabat sejak 2003 adalah Hu Jintao. Luas wilayah Cina kurang lebih 9.596.960 km2. Dengan jumlah penduduk sekitar 1.298.847.624 jiwa, Cina merupakan negara terbesar di Asia Timur, dan juga merupakan negara ketiga terluas di dunia.

Sementara itu  Malaysia adalah sebuah negara federasi terdiri dari 13 negara bagian dan 3 wilayah persekutuan di Asia Tenggara, dengan luas wilayah mencapai 329.847 km2. Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Jumlah penduduk yang ada di Malaysia tercatat lebih dari 27 juta jiwa. Laut Cina Selatan membagi wilayah Malaysia menjadi dua area — Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Negara ini memiliki merupakan tetangga Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Kepala negara memiliki julukan Yang di-Pertuan Agung, sementara pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri.

Pertumbuhan ekonomi dunia yang cepat pada dasawarsa 1980-an dan 1990-an, rata-rata 8%, telah mengubah Malaysia menjadi negara industri baru. Malaysia merupakan salah satu dari tiga negara yang menguasai Selat Malaka, berperan penting dalam perdagangan internasional, pernah menjadi penghasil timah, karet, dan minyak kelapa sawit, industri manufaktur, serta sebagai salah satu dari 18 negara berkeanekaragaman hayati terbesar di dunia.

Sengketa antara Cina dan Malaysia, memperebutkan :

  • Kepulauan Spartly  di wilayah Laut China Selatan.
  • James Shoal  terletak 80 kilometer dari batas laut Malaysia dan 1.800 kilometer dari daratan Cina.
  • Wilayah Laut Cina Selatan melibatkan Malaysia, Filipina, Brunai Darussalam, Vietnam, Taiwan, dan Cina.
  • Cina juga membuka pintu bagi wisatawan untuk mengunjungi Kepulauan Paracell di Laut Cina Selatan dan terdiri dari kumpulan karang dan pulau kecil yang cantik. Langkah China ini diduga untuk membuat jengkel Vietnam, negara yang mengklaim memiliki kepulauan tersebut.

Ini baru contoh sengketa antara Cina dan Malaysia , masih ada sengketa lain. Semoga sengketa ini bisa diatasi, Cina juga ingin mencari solusi terbaik. ASEAN yang selama ini relatif bersatu soal sengketa wilayah tersebut kini terkesan berjalan sendiri-sendiri. Diduga kuat kepentingan ekonomi dengan Cina telah melunturkan kekompakan ASEAN.

Selanjutnya : Artikel Kasus Penyalahgunaan Pajak
Sebelumnya: Lambang Waterboom Snowbay yang Lucu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar