Contoh Senyawa Dan Unsur Kimia Dalam Kehidupan Manusia


Tanpa disadari sebenarnya banyak senyawa dan unsur kimia dalam kehidupan manusia dan jumlah tersebut tidak hanya satu atau dua jenis saja. Bahkan di dalam tubuh sendiri juga terdapat senyawa yang disebut dengan senyawa organik. Senyawa organik ini mengandung karbon dan terikat oleh unsur kimia yang lain seperti oksigen dan hidrogen.

Atom yang merupakan bagian dari senyawa ini selalu disatukan dengan suatu ikatan yang kuat atau dinamakan kovalen. Atom tersebut masih punya unsur dan bisa membentuk zat yang baru.

Contoh sederhananya adalah seperti ini. Garam dapur yang dalam bahasa kimia disebut natrium klorida merupakan senyawa yang mempunyai dua bagian atom. Pertama adalah klorin, yaitu gas yang sifatnya beracun.

Sedangkan yang kedua adalah natrium atau logam yang sifatnya reaktif. Jika digabung menjadi satu dua sifat yang sebenarnya sangat berbahaya ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang punya nilai kegunaan tinggi dan tidak berbahaya.

Contoh lainnya yaitu besi dan sulfur. Apabila keduanya dijadikan satu dengan cara dipanaskan, maka akan terbentuk suatu senyawa baru yang dinamakan besi sulfida. Tapi hasil dari penyatuan ini menghasilkan sifat lain yang sangat berbeda dengan unsur sebelumnya.

Meski besi sebelumnya punya daya tarik terhadap magnet, tapi setelah dicampur dengan sulfur daya tariknya tersebut menjadi hilang. Bukan itu saja, sifat lain yang sebelumnya melekat pada sulfur juga mengalami nasib yang sama, ikut jadi hilang. Dan perlu dipahami pula, setelah kedua jenis benda ini disatukan dan menjadi besi sulfida, besi dan sulfur tersebut tidak bisa dipisahkan kembali.

Dari dua contoh dan uraian tersebut diatas, bisa diketahui jika sifat senyawa tersebut bisa dipakai untuk tujuan yang baik dan berguna, namun pada sisi yang lain juga bisa disalahgunakan untuk kepentingan pribadi namun bisa membahayakan kehidupan orang lain.
Misalnya adalah nuklir. Bila digunakan secara tepat bahan pembuatan nuklir bisa dipakai untuk pembangkit tenaga listrik dan sebagainya. Namun ada pula yang memakainya untuk tujuan lain yaitu senjata perang dan mesin pembunuh.

Perlu diketahui bahwa senyawa dan unsur kimia dalam kehidupan manusia ini secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu yang bisa dipisah dengan perhitungan fisika. Yang kedua adalah punya sifat berbeda dari senyawa atau unsur yang membentuknya.

Selanjutnya : Metode Pijat Jari Manis Kaki
Sebelumnya: Contoh Makalah Bahasa Indonesia - Pengertian dan Syarat Pragraf
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar