Contoh Sifat Tekun Nabi Yusuf


Contoh Sifat Tekun Nabi Yusuf

Nabi Yusuf termasuk Nabi yang banyak dikisahkan dalam kitab suci Al-Quran. Yusuf merupakan putra dari Nabi Ya’Qub AS yang juga termasuk Nabi yang diyakini dalam Islam.

Untuk memahami kisah Nabi Yusuf, di bawah akan diuraikan secara singkat mengenai kisah Nabi Yusuf mulai dari keluarga Nabi Ya’Qub, contoh sifat tekun Nabi Yusuf, sampai godaan dan ujian yang dihadapi Nabi Yusuf.

Keluarga Nabi Ya’Qub

Nabi Ya’Qub dikaruniai 12 anak yang salah satunya bernama Yusuf. Kecintaan Nabi Ya’Qub terhadap Yusuf yang lebih besar dibandingkan kecintaanya terhadap putranya yang lain menimbulkan iri dan dengki di hati saudara-saudara Yusuf.

Kebencian saudara-saudara Yusuf semakin menjadi ketika mereka mendengar mimpi Yusuf yang disampaikan kepada ayahnya.

Setelah mendengar penyampaian Yusuf kepadanya, Nabi Ya’Qub melarang Yusuf untuk menceritakan mimpinya tersebut kepada saudara-saudaranya karena khawatir saudaranya akan mencelakakan Yusuf.

Namun tanpa disadari, ada salah satu saudara Yusuf yang diam-diam mendengar pembicaraan Yusuf dan ayahnya. Kebencian saudara-saudara Yusuf memuncak dan mencelakakan Yusuf dengan memasukkannya ke dalam sumur sewaktu berburu di hutan.

Garis Besar Kisah Nabi Yusuf

Kisah Yusuf berbeda dari sebelumnya sejak ia ditemukan oleh rombongan musafir yang hendak mengambil air di sumur tempat Yusuf dibuang oleh saudaranya.

Yusuf dijual ke Mesir oleh para musafir tersebut kemudian dijadikan budak oleh seorang menteri kerajaan mesir. Yusuf hidup di lingkungan istana dan diangkat sebagai anak oleh menteri kerajaan mesir dan istrinya yang bernama Zulaikha.

Ketaatan Yusuf kepada kedua orang tua angkatnya sangat terlihat. Salah satu contoh sifat tekun Nabi Yusuf dapat dilihat dari kesediaannya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah Zulaikha hingga dia tumbuh dewasa menjadi seorang pemuda yang sangat rupawan.

Sayangnya ketampanan Yusuf justru membuat Zulaikha merasa tergoda untuk melakukan tindakan tidak terpuji dengan Yusuf. Meskipun Yusuf menolak ajakan Zulaikha namun pada akhirnya Yusuf dijebloskan ke penjara oleh ayah angkatnya.

Lambat laun kesalahan Yusuf tidak terbukti sehingga Yusuf dikeluarkan dari penjara dan diangkat menjadi menteri perekonomian kerajaan Mesir.

Berawal dari kedudukannya sebagai seorang menteri perekonomian itulah kemudian mengantarkan Yusuf bertemu dan bersatu dengan keluarganya yakni keluarga Nabi Ya’Qub.

Beberapa sifat Nabi Yusuf seperti ketaatan kepada Allah SWT, suka membantu, dan pekerja keras merupakan contoh sifat tekun Nabi Yusuf yang dapat kita teladani. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kumpulan Kalimat Persahabatan
Sebelumnya: Tentang Keong Mas TMII
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar