Contoh Sikap Jujur Kejujuran Kepada Allah, Diri Sendiri dan Orang Lain


Contoh Sikap Jujur Kejujuran Kepada Allah, Diri Sendiri dan Orang Lain

Jujur adalah sifat yang tertanam dalam diri manusia, lawan dari jujur adalah bohong. Jujur adalah sifat yang terpuji, dengan melakukan kejujuran manusia akan mendapatkan banyak manfaat dan ketenangan hati.

Berikut ini akan dibahas mengenai contoh sikap jujur kejujuran kepada Allah, diri sendiri dan orang lain. Jujur sama artinya dengan tidak berbohong

Jujur Kepada Allah

Jujur kepada Allah adalah dengan bertaubat. Bertaubat haruslah diikuti dengan keyakinan, lalu diapliksikan dalam perbuatan tulus tanpa paksaa, dan berniat dengan kuat tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

Kejujuran kepada Allah dilakukan dengan sangat khusyu sampai terasa ke hati. Pengakuan kepada Allah SWT dengan kesadaran dan mengakui kesalahannya, baik yang dilakukan dengan sadar maupun kesalahan yang tidak disadari.

Jujur Kepada Diri Sendiri

Orang yang berbohong terhadap dirinya sendiri biasa disebut munafik. Orang-orang munafik di benci oleh Allah, dan akan membawa kerugian bagi dirinya dikemudian hari.

Beberapa perbuatan yang membohongi dirinya sendiri seperti, dihadapan orang ia tampak baik dan sayang, namun di dalam hatinya ia dendam dan membenci.

Ia mengatakan suka, namun sebenarnya ia tidak menyukai. Kebiasaan jujur pada diri sendiri, memupuk sikap percaya diri dan selalu optimis dan cenderung menerima kekurangan orang lain.

Jujur Kepada Orang Lain

Manusia sebagai makhluk sosial, senantiasa melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Sikap jujur ke orang lain akan memengaruhi hubungan dengan orang lain.

Orang yang suka berbohong akan mengalami masalah, apalagi kebohongan lambat laun akan terbongkar.

Agar kejujuran terpupuk dalam hati, yang pertama harus dilakukan adalah senantiasa jujur dihadapan Allah SWT. Selalu beristigfar dan mengakui kesalahan dan memohon ampunan.

Banyak Manfaat  dari bersikap jujur, dan menjaga kejujuran, antara lain dalam menjalani kehidupan sehari-hari menjadi tenang hati tanpa beban pikiran, karena tidak ada kebohongan yang ditutupi. Sehingga dapat mengungkapkan atau berbicara dengan apa adanya.

Menjadi lebih optimis dan percaya diri, hubungan dengan orang lain akan berjalan dengan baik dan terhindar dari masalah dan disukai banyak orang.

Cerita-cerita yang berkisah mengenai contoh sikap jujur kejujuran kepada Allah, diri sendiri dan orang lain juga akibat atau hasil dari kebohongan bisa dijadikan pelajaran berharga bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Pasang Wallpaper Menutupi Dinding Rumah Lembab
Sebelumnya: Memperhatikan Perkembangan Fisik Balita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar