Contoh Sinopsis Cerita Fiksi


Contoh sinopsis cerita fiksi bisa dilihat di bagian belakang buku atau novel. Misalnya, sinopsis novel WANGI yang diterbitkan oleh Diva Press. Dengan mengambil sekelumit dialog dari cerita tersebut lalu membuat gambaran tentang kisah WANGI. Sinopsis tersebut cukup memberikan gambaran bagaimana cerita fiksi tersebut dibangun.

Sekelumit Contoh Sinopsis Novel WANGI

Wangi adalah seorang gadis remaja usia 19 tahun. Ia adalah seorang mahasiswa. Kegiatannya banyak. Ia adalah seorang pengusaha muda. Jiwa bisnisnya dibentuk secara sengaja oleh kedua orangtuanya. Wangi pun belajar banyak dari orangtuanya dan lingkungannya. Tidak heran diusia masih sangat ranum ia telah mempunyai beberapa bidang usaha.  

Kekayaannya dan kekayaan orangtuanya bukannya membuatnya sombong. Penanaman karakter yang kuat sejak kecil telah membuat seorang Wangi tumbuh menjadi gadis dengan jiwa yang matang. Ia mempunyai misi dan visi yang jelas dalam hidupnya. Ia sadar banyak yang bergantung padanya. Ia pun harus berusaha memberikan contoh yang baik kepada lingkungannya.

Ia mempunyai sahabat, Sari, yang mampu mengimbangi geraknya. Selain itu ada dosennya, Ibu Atun, yang ternyata mempunyai kisah hidup yang cukup mengiris batin. Kisah percintaan pun menghiasi kisah ini. Siapakah Fitra yang begitu jatuh cinta kepada Wangi? Mampukah ketegaran Wangi direngkuh oleh Fitra? Kisah ini bertutur tentang bekerja dengan otak dan berpikir dengan hati.

Tips Membuat Sinopsis Cerita Fiksi

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan para pembuat sinopsis cerita. Sebelum membuat sebuah sinopsis, tentu saja harus membaca keseluruhan cerita. Kalau belum membaca, tentu akan sangat sulit membayangkan isinya. Sinopsis itu tidak harus panjang. Sekira 100-150 kata saja sudah cukup. Apalagi kalau cerita itu tidak panjang dan buknya tidak besar.

Dengan keterbatasan itu, tentu saja harus dipilih klimaks yang mampu membuat orang merasa harus membaca kisah selengkapnya. Untuk itu, terkadang ada beberapa pertanyaan di sinopsis. Tentu hal ini tidak mutlak ada.

Nama karakter utama disebutkan. Tidak jarang nama yang lucu malah membuat penasaran. Jangan lupa menuliskan kisah percintaan. Pembaca senang dengan contoh sinopsis cerita fiksi yang memuat sedikit gambaran kisah cinta dalam novel atau cerita fiktif tersebut.

Selanjutnya : Pahlawan Indonesia yang Melawan Belanda dan Terlupakan
Sebelumnya: Contoh RPP untuk Guru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar