Contoh Sinopsis Cerita Novel


Seorang penulis yang ingin karyanya dikenal oleh penerbit atau media harus belajar cara membuat contoh sinopsis cerita. Mengapa? Sebab jika seorang penulis telah usai menulis karya, misal sebuah novel, maka ia harus mengirimkan naskah novel tersebut beserta kelengkapannya, yaitu sinopsis. Bagaimana membuat sinopsis sebuah novel yang baik agar karyanya itu menarik bagi pihak penerbit? Berikut ini adalah beberapa syarat dari cara membuat sinopsis yang baik.

•  Jangan terlalu panjang, cukup 1-2 halaman saja yang berisi ringkasan jalan cerita novel.

•  Jelas, penulis harus jelas dan tidak bertele-tele dalam membuat sinopsis. Dari awal hingga klimaks cerita, harus mampu dijelaskan dengan gamblang, tidak panjang lebar.

•  Jangan masukkan pendapat mengenai novel itu. Misalnya: novel ini sangat bagus sebab berisi anjuran melakukan kebaikan… dan seterusnya. Itu lebih tepat ditulis dalam resensi, bukan sinopsis.

•  Bahasa yang digunakan harus bahasa Indonesia yang jelas, mudah dimengerti, serta sederhana.

•  Harus sama dengan isi novel, jangan direkayasa agar lebih bagus. Padahal, isi novelnya berbeda.
Syarat membuat sinopsis di atas mudah untuk dilakukan, bukan? Nah, berikut adalah contoh sinopsis yang akan menceritakan sebuah novel milik Yoana Dianika, berjudul Soba Ni Iru Yo.

Sebelum pindah ke Tokyo, Mika Nakajima bermukim di Desa Shirakawa yang indah dan masih bernuansa tradisional. Ia bertetangga dengan Takayama bersaudara, yaitu Ren dan Kenji. Diam-diam, Mika menyukai Kak Kenji yang sangat melindungi Mika dan sebel dengan Ren yang usil. Sayang, saat SD, Takayama bersaudara harus pindah dan tak diketahui kabarnya lagi.

Mika pindah ke Tokyo saat SMA dan tak diduga ternyata satu SMA dengan Ren, tetangga usilnya dulu. Ia pun terkejut saat Ren ingin Mika menjadi pacarnya. Padahal, sebenarnya yang disukai Mika adalah Kak Kenji.
Ternyata, Kak Kenji sudah memiliki seorang gadis yang ia cintai dan membuat Mika patah hati. Namun, Ren dengan baik hatinya malah menghibur Mika dan mengatakan bahwa kakaknya itu akan pergi demi si gadis.
Akhirnya, Mika bisa menerima Ren menjadi pacarnya karena sebenarnya sejak kecil Ren usil terhadap Mika karena ingin mendapatkan perhatiannya saja.

Nah, contoh sinopsis cerita novel itu sudah cukup jelas, bukan? Sekarang, tinggal Anda sendiri yang mencoba membuatnya.

Selanjutnya : Ide Usaha Kerajianan dari Kain Perca
Sebelumnya: Sekilas Bos Agung Podomoro
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar