Contoh Soal Integral Tertentu Fungsi Trigonometri


Bagaimana contoh soal integral tertentu fungsi trigonometri? Untuk pelajaran matematika, banyak sekali rumus dengan istilah-istilah yang harus kita pahami. Bukan hanya menghapal, tetapi akan lebih baik apabila kita memahaminya. Maka dari itu, bagaimana pun bentuk soalnya, kita bisa mengerjakannya.

Integral dan Trigonometri

Integral dan trigonometri adalah istilah-istilah dalam pelajaran matematika. Sebelum mengerjakan contoh soal integral tertentu fungsi trigonometri, kita ketahui terlebih dahulu apa itu trigonometri dan integral.

Trigonometri berasal dari bahasa Yunani, yaitu trigonon yang berarti tiga sudut dan metro yang berarti mengukur. Trigonometri adalah bagian dari matematika mengenai sudut segitiga dan fungsinya.

Trigonometri juga dianggap bagian dari geometri. Awal trigonometri bermula dari ribuan tahun yang lalu, para ilmuwan zaman dahulu telah menggunakan trigonometri, mulai dari Lagadha, Hipparchus, dan Ptolemy yang berasal dari Yunani.

Konsep dari trigonometri adalah mengenai segitiga siku-siku, yaitu pada salah satu sisinya sebesar 90 derajat yang disebut trigonometri sudut lancip. Namun, ada juga trigonometri sudut nonlancip dengan sudut lebih dari 90 derajat.

Trigonometri bisa digunakan dalam berbagai macam bidang seperti astronomi dengan teknik triangulasinya, juga di bidang geografi untuk menghitung titik-titik tertentu, meterologi, arsitektur, bahkan di bidang teori musik.

Sementara itu, untuk integral, memiliki kaitan yang erat dengan turunan fungsi atau disebut juga kalkulus diferensial. Integral akan lebih mudah dipahami jika kita terlebih dahulu memahami konsep turunan. Jadi, agar dapat membantu dalam pengerjaan soal integral, akan lebih pas apabila kita sudah mengerti turunan dalam suatu fungsi. Integral adalah kebalikan dari diferensial. Integral terdiri atas integral tak tentu dan tentu.

Setelah sekilas mengenal integral dan trigonometri, kita harus mencoba contoh soal integral tertentu fungsi trigonometri agar terlatih dalam mengerjakannya. Dengan banyak berlatih, kita akan menjadi lebih mudah mengerjakannya.

Terlebih jika sedang mengerjakan soal di dalam ujian, dengan waktu yang terbatas, apabila kita sudah sering berlatih, waktu yang dibutuhkan akan lebih sedikit dibandingkan dengan yang kurang berlatih. Untuk itu, seringlah berlatih dan jangan menganggap matematika dengan konsep-konsep di dalamnya sebagai hal yang sulit. Yakin pada diri sendiri bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.

Selanjutnya : Keuntungan Cara Edit Foto Dengan Adobe Photoshop
Sebelumnya: Tentang Pengertian Atlas Tematik Menurut Ahli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar