Pengertian dan Contoh Stereotip

Pengertian dan contoh stereotip akan kita pelajari bersama melalui artikel ini. Istilah stereotip berasal dari bahasa latin yakni stereot yang berarti kaku, dan tipos yang berarti kesan. Jadi, stereotip bisa diartikan sebagai gambaran atau anggapan kaku terhadap seseorang yang seakan tidak berubah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), stereotip adalah konsepsi mengenai sifat suatu golongan berdasarkan prasangka yang subjektif dan tidak tepat.

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar orang menerjemahkan semua bentuk stereotip dalam bentuk negatif. Hal ini disebabkan oleh tingkat keakuratan stereotip yang sangat rendah, karena biasanya stereotip lebih dominan pada anggapan yang menduga-duga. Stereotip cenderung menggeneralisasi kesan. Kadang-kadang kesan tersebut tepat, tetapi terkadang tidak. Misalnya stereotip yang melekat pada orang Jawa yakti tidak suka berterus terang memiliki keakuratan cukup tinggi karena pada umumnya seperti itu. Namun, ada pengecualian karena pada kenyataannya sebenarnya banyak juga etnis Jawa yang suka berterus terang.

Sebelum membahas lebih jauh, kita akan melihat pengertian stereotip menurut para ahli.

Pengertian Stereotip

  • Myers (Psikologi Sosial Terapan & Masalah-masalah Sosial): stereotip adalah suatu bentuk keyakinan yang dimiliki oleh seseorang atau suatu kelompok tentang atribut personal yang ada pada kelompok tertentu.
  • Sherif & Sherif (Psikologi Umum): stereotip adalah kesepakatan di antara anggota-anggota kelompok terhadap gambaran tentang kelompok lain beserta anggota-anggota kelompok tersebut.
  • Soekanto (Sosiologi Suatu Pengantar): stereotip adalah kombinasi dari ciri-ciri yang paling sering diterapkan oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain, atau oleh seseorang kepada orang lain.
  • A. Samovar & E. Porter (dalam Mulayana, 2000):  stereotip adalah persepsi atau kepercayaan yang dianut mengenai kelompok atau individu berdasarkan pendapat dan sikap yang terbentuk lebih dahulu.

Contoh Stereotip

Contoh stereotip banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa stereotip yang terkenal adalah stereotip etnis, stereotip gender, dan stereotip pekerjaan.

a. Contoh stereotip etnis, yaitu sebagai berikut.

  • Pada etnis Jawa, stereotip yang melekat adalah lamban, penurut, lemah lembut, dan kurang suka berterus terang.
  • Stereotip pada etnis Batak yakni selalu ingin menang sendiri, dan keras kepala.
  • Stereotip yang melekat pada etnis Minang adalah pintar berdagang.
  • Stereotip yang melekat pada etnis Cina adalah pekerja keras, pelit.

b. Contoh stereotip gender, yaitu sebagai berikut.

  • Laki-laki harus lebih kuat, laki-laki tidak boleh menagis
  • Di Indonesia pemimpin yang berhasil selalu identik dengan laki-laki.

c. Contoh stereotip pekerjaan, yaitu sebagai berikut.

  •  Tugas perempuan adalah melayani suami dan mengurus rumah, bukan bekerja kantoran.
  • Perempuan sering dianggap kurang rasional dan lebih sering menggunakan perasaan.

Dari pengertian dan contoh stereotip di atas kita bisa melihat bahwa tidak semua anggapan yang bersifat generalisasi terhadap seseorang atau kelompok tertentu selalu benar. Untuk itu, sebaiknya kita menghindari penggunaan pandangan stereotip pada kelompok tertentu  karena belum tentu setiap orang dari kelompok tersebut mempunya sikap dan perilaku yang sama.

Demikian pengertian dan contoh stereotip yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Salah Satu Contoh Catatan Kaki dalam Bentuk Novel
Sebelumnya: Ada Apa Saja di Kota Wisata Cibubur?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar