Contoh Surat Berhenti Kerja Sopan

Jika Anda hendak mencari kiat atau tips-tips membuat surat berhenti kerja maka Anda dapat menemukannya dalam tulisan ini. Termasuk juga contoh surat berhenti kerja sopan, yang bisa menjadi rujukan ketika Anda akan menyusunnya.

Tips-tips Menyusun Surat Berhenti Kerja

Menyusun surat-surat berhenti kerja terbilang gampang-gampang susah. Gampang karena menyusunnya tidak jauh berbeda ketika menyusun atau menulis suratpada umumnya. Tapi dikatakan susuh sebab Anda perlu memilih kata-kata yang tepat, jelas maksudnya, dan sopan saat dibaca.

Berikut ini tips-tips dalam menyusun surat berhenti kerja yang sopan.

  1. Jangan bertele-tele dalam menulis surat pengunduran diri. Pergunakan kata atau kalimat ringkas tapi padat artinya.
  2. Hindari kata atau kalimat ambigu (kalimat yang menimbulkan makna berbeda-beda).
  3. Identitas diri pihak yang hendak mengundurkan diri harus jelas (nama lengkap dan jabatan yang sekarang diemban), termasuk juga identitas dari pihak yang akanmenerima surat tersebut (nama lengkap dan jabatan).
  4. Cantumkan alasan mengundurkan diri dengan jelas dan tanpa kecenderungan emosional.
  5. Pergunakan materai jika dianggap dibutuhkan karena surat tersebut akan kuat secara dasar hukumnya, meskipun tanpa materai surat pengunduran diri tetap berlaku.

Contoh Surat Berhenti Kerja

Berikut ini contoh surat berhenti kerja sopan yang dapat dijadikan acuan sesuai dengan tips-tips dalam menyusunnya.

Kepada Yth.
Bpk/Ibu __________
Direktur/Manager/Pemimpin (sesuaikan kepada siapa mengajukannya) PT/CV/Lembaga ___________ (nama tempat bekerja)
___________ (nama kota), ___/____/____ (tanggal/bulan/tahun)

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya _________ sebagai pekerja yang saat ini dipercaya pada posisi ________ di PT/CV/Lembaga _________ bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan tersebut terhitung tanggal: _________

Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas kesempatan bekerja yang selama ini diberikan oleh PT/CV/Lembaga ________ kepada saya. Saya teramat senang sekaligus sangat bangga karena telah memperoleh pengalaman bekerja di tempat ini. Saya selalu berharap dan berdoa agar PT/CV/Lembaga ________ semakin maju dan berkembang ke depannya.

Adapun alasan saya mengundurkan diri karena _____________________ (sebutkan alasannya). Saya menganggap hal tersebut dapat menghambat kinerja saya dan akan merugikan PT/CV/Lembaga ________. Oleh karena itu, saya membuatkan tekad untuk mengambil keputusan mengundurkan diri.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesadar-sadarnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Saya berharap Bapak/Ibu berkenan dan dapat memakluminya,
Hormat saya,

Tanda Tangan

(________)

Semoga dengan mengetahui contoh surat berhenti kerja sopan berikut tips-tips menyusunnya, Anda tidak lagi mengalami kebingungan. Ingatlah bahwa surat yang dibuat tersebut merupakan cerminan dari kepribadian Anda. Jadi, selalu cermat dan teliti ketika menyusunnya.

Selanjutnya : Merangkai Kata Sambutan Acara Pernikahan
Sebelumnya: Lagu Naruto dalam Anime Naruto
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...