Surat Pribadi : Contoh Surat Biasa


Ada banyak sekali contoh surat biasa. Salah satunya adalah surat pribadi. Yang dimaksud dengan surat biasa adalah surat yang dikirimkan dengan prosedur yang konvensional yaitu dengan menggunakan keberadaan dari prangko sebagai alat pengganti biaya pengiriman.

Keberadaan dari surat biasa ini sudah mulai banyak yang tergantikan dengan keberadaan dari surat elektronik atau yang dinamakan dengan e-mail.

Makna lain dari pengertian surat biasa adalah surat yang dikirimkan kepada sebuah instansi tertentu dengan jenis prosedur masuknya surat sebagai surat biasa yaitu surat yang sifatnya biasa saja, bukan termasuk ke dalam kategori surat penting atau rahasia.
Surat pribadi termasuk juga ke dalam kategori surat biasa ini.

Surat pribadi adalah surat yang dikirimkan dari satu orang kepada orang lain dengan maksud yang pribadi pula. Keberadaan dari surat pribadi ini memang dapat langsung untuk diberikan kepada penerima surat atau melalui media yang lain.

Surat pribadi akan sangat berbeda dengan surat formal yang ada. Di dalam surat pribadi, tentunya penggunaan bahasa juga tak akan terlalu formal atau kaku.

Penggunaan bahasa di dalam surat pribadi akan lebih erat dan memperlihatkan bagaimana kedekatan dari si pengirim dan juga penerima surat.

Selain itu, format dari surat pribadi yang digunakan juga tak seperti format dari surat formal yang lengkap dan harus tersusun rapi dari atas hingga bagian akhir surat.

Untuk surat pribadi, format surat akan diserahkan sepenuhnya kepada keinginan dan kebutuhan si pengirim surat dan tentunya juga tak seperti surat formal. Kebanyakan format dari surat pribadi hanya berisikan pembuka, isi dan penutup surat.

Keberadaan dari salam pembuka dan penutup juga sangat beragam. Semuanya juga menunjukan bagaimana hubungan kedekatan antara si pengirim dan penerima surat.

Bahkan dapat pula dilihat dari dua hal ini, hubungan yang telah terjalin di antara keduanya.
Itulah bagaimana gambaran dari surat pribadi yang menjadi contoh surat biasa. Surat pribadi tentunya bukanlah surat yang penting, rahasia ataupun surat formal.

Selanjutnya : Pakaian Adat Serang Banten
Sebelumnya: Ucapan Terima Kasih untuk Orang yang Anda Sayang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar